DESAIN TAS UNTUK KOMUNITAS SUGAR GLIDER

  • Muhammad Khairil Abidin
  • Etwin Fibrianie Suprapto Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 281 , pdf downloads: 224
Keywords: Sugar gliders, means of carrying, overcoming shortcomings

Abstract

ABSTRAK

Sugar glider merupakan hewan endemik sejenis Marsupial (mamalia berkantung) Omnivora. Merupakan satu keluarga dengan Koala dan Kangguru dan mempunyai bentuk tubuh menyerupai tupai yang aktif di malam hari (nocturnal). Sugar glider mempunyai sarana bawa khusus yang membuat sugar glider nyaman ketika dibawa pergi. Karena itu untuk memudahkan dan membuat sugar glider agar nyaman ketika dibawa pergi dibutuhkan tas khusus untuk sugar glider bisa bernafas didalam tas, yang membedakan tas ini dari tas sebelumnya adalah pada bagian dalam alas tas dapat dilepas dan dipasang agar memudahkan penggunanya untuk membersihkan bagian dalam tas ketika sugar glider buang air. Karenanya tujuan perancangan produk ini ialah mendesain sarana bawa yang memiliki alas yang dapat dilepas dan dipasang dengan metode perencanaan dan perancangan yaitu: preliminary design, design development, final design, dan prototype. Usulan desain ini dapat mengatasi kekurangan pada produk sebelumnya, serta mempermudah para pencinta sugar glider untuk membawa dan membasuh tasnya.

Kata kunci : Sugar glider, sarana bawa, mengatasi kekurangan.

 

ABSTRACT

Sugar gliders are an endemic species similar to Marsupial (marsupial mammals) Omnivores Which is a family with Koalas and Kangaroo and has a squirrel-like body shape and is nocturnal. Sugar gliders have a special carrying tool that makes sugar gliders comfortable when taken away. Therefore to make it easy and make sugar gliders comfortable when taken away, a special bag for the sugar glider can breathe inside the bag, what distinguishes this bag from the previous bag is the removable and fitted inner bag to make it easier for users to clean the inside of the bag when sugar gliders urinate. Therefore the purpose of designing this product is to design a carrying device that has a removable and installed base with planning and design methods, namely: preliminary design, design development, final design, and prototype. This design proposal can overcome the shortcomings in the previous product, and make it easier for lovers of sugar gliders to carry and wash their bags.

Keywords: Sugar gliders, means of carrying, overcoming shortcomings.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyadi, Dwi. (2014). Aplikasi Manequin Pro untuk Industri. Leutika Pro: Yogyakarta
Chiequza,. (2017) Teori Materials.
Hering, (1878). & Roods, (1879). Teori dasar tentang warna.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (1997) Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta.
Nurmianto, Eko. 1996. Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.
Pfeiffer, Wong. (1989) Pengertian Bentuk.
Published
2020-03-26
How to Cite
Abidin, M. K., & Suprapto, E. F. (2020). DESAIN TAS UNTUK KOMUNITAS SUGAR GLIDER. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 6(2). https://doi.org/10.46964/jkdpia.v6i2.22