DESAIN SARANA BERMAIN KUCING BERNUANSA ALAM

  • Andi Farid Hidayanto Politeknik Negeri Samarinda
  • Adinda Prita Dwisuda Putri
Abstract views: 402 , pdf downloads: 276
Keywords: Kucing, Bermain, Sarana Bermain

Abstract

Kucing merupakan hewan yang memiliki kebutuhan naluriah untuk mengekspresikan perilaku tertentu salah satunya dengan bermain. Kucing yang terlalu lama atau selalu berada di dalam kandang tentu saja akan mengalami sifat yang lebih pendiam. Kucing sebagai hewan yang lincah tentu merindukan bermain di alam liar. Namun, bagi pecinta kucing melepaskan kucing bermain di luar rumah tentu sangat berat karena memiliki beragam resiko. Salah satu tindakan yang sering dilakukan adalah mengajak bermain di dalam rumah. Tetapi kucing tetaplah hewan yang membutuhkan suasana alam. Sarana bermain yang berada di dalam rumah tetapi memiliki fasilitas seperti di luar rumah membantu para pecinta kucing untuk mengajak kucingnya untuk bermain, sehingga diperlukan perancangan desain sarana bermain kucing. Dengan adanya metode perencanaan dan perancangan yang sudah dilakukan diantaranya adalah pengumpulan data, analisis data, konsep desain, alternatif desain, pengembangan desain dari alternatif desain terpilih, serta desain akhir, didapatlah hasil akhir perancangan sarana bermain yaitu berupa produk yang memiliki fasilitas dan kebutuhan kucing serta memiliki suasana seperti di luar rumah dan dengan desain berbentuk jejak kaki kucing sehingga dapat menjadi komunikasi pada konsumen untuk mengetahui bahwa sarana bermain ini dikhususkan untuk kucing.

Cat is an animal that has the instinctive need to express certain behaviours either by playing.Cats are too long or they are always in the cage of course will experience more reticent silent. Cats as an animal thats agile, certainly miss playing in nature But, for cat lovers release the cat to play ouside the house of course very heavy because it has a variety of risks.One of the actions is common practice to invite to play in the house. But the cat still need of nature.Playgrounds inside the house but have facillities such as outside the home to help the cat lovers to take his cat to play. So, its necessary to design the playground cat. With their methods of design and planning that has been done among the data collection, data analysis, concept design, alternative design, design development of alternative design and the final design was selected at the end of the design playground it can be the result of playing in the form of products which have the facilities and the needs of cats and has a feel like in nature and design shaped footprints of a cat. So it can be a communication on the consumer to know this playground especially to cats.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Marizar, Eddy S. (2005). Designing Furniture Teknik Merancang Mebel Kreatif. Media Pressindo. Yogyakarta.
Nurmianto, Eko. (1996). Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya Edisi Pertama. Jurusan Teknik Industri ITS, PT Candimas Metropole, Jakarta.
Pulat, B. Mustafa (1992). Fundamentals of Industrial Ergonomic. New Jersey. Prentice Hall International
Suryana, Agus. (2007). Strategi Pemasaran Untuk Pemula. EDSA Mahkota. Jakarta.
Suyanto, M . (2004). Analisis dan Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran. Andi, Yogyakarta.
Published
2020-10-12
How to Cite
Hidayanto, A. F., & Putri, A. P. D. (2020). DESAIN SARANA BERMAIN KUCING BERNUANSA ALAM. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 2(2), 11. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v2i2.95

Most read articles by the same author(s)