PENGARUH PENGGUNAAN COOLANT MEREK TOP 1, PRESTONE DAN PERCAMPURAN KEDUANYA TERHADAP TEMPERATUR ENGINE

  • HARSMAN TANDILITTIN
  • Merpatih
  • Chairul Akbar
Abstract views: 213 , Full Text downloads: 70
Keywords: Sistem pendingin, suhu mesin, coolant top 1 dan coolant prestone, radiator, water jacket, thermostat

Abstract

Sistem Pendingin merupakan sistem yang sangat penting karena tanpa sistem pendingin, maka engine akan menagalami over heating dan kerusakan pada komponen-komponen yang ada pada engine. Suhu mesin diesel ideal sekitar 82˚C-92˚ C. Pentingnya fungsi sistem pendingin pada suatu engine maka saya ingin mengambil judul Membandingkan Pengaruh Penggunaan Coolant Merek Top 1, Prestone Dan Percampuran Keduanya Terhadap Temperatur Engine Pada Mobil Hilux 2KD- FTV. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk Mengetahui Perbedaaan Temperatur Penggunaan Coolant Merek Top 1 dibandingkan Coolant Merek Prestone,Serta Membandingkan Percampuran Keduanya Dengan Variasi Campuran variasi campuran coolant 25% Prestone 75% Top 1, 50% Prestone 50% Top 1, dan 75% Prestone 25% Top 1. Pengujian dilakukan selama 20 menit pada setiap RPM. putaran engine yang digunakan 1000, 2000 dan 3000 RPM, Pengambilan data dilakukan 3 kali untuk setiap penggunaan coolant, dan mengukur thermostat berkerja menggunakan alat akusisi data thermal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada perbandingan suhu engine untuk variasi rpm secara keseluruhan coolant top 1 suhu paling lambat naik dan coolant prestone paling cepat naik. pada perbandingan suhu inlet radiator coolant top 1 dengan temperatur terrendah 86.3˚C dan coolant percampuran 25% Prestone 75% Top 1 dengan temperatur inlet tertinggi 91.6˚C. Dan pada perbandingan temperatur outlet radiator coolant percampuran 50% prestone 50% top 1 dengan temperatur terendah 44.6˚C dan coolant prestone 100% dengan temperatur outlet tertinggi 62.5˚C

Published
2022-11-25
Section
Articles