PENGARUH PENGGUNAAN OLI SAE 40, OLI 15W- 40 DAN CAMPURAN TERHADAP VISKOSITAS, TEMPERATUR ENGINE DAN EMISI GAS BUANG PADA MOBIL TOYOTA 2KD-FTV

  • Simon Petrus
  • Rohadi
  • Denys Ramdani Sutrisno
Abstract views: 117 , Full Text downloads: 12
Keywords: Engine, Oil film, Viscosity, SAE, temperatur, emisi gas buang, opasitas

Abstract

Minyak pelumas terdiri dari campuran hidrokarbon dan ditambah zat-zat lain yang disebut aditif. Pada kandungan minyak pelumas terdapat lapisan (oil film), dan memiliki kekentalan yang beragam (viscosity) sesuai dengan yang dibutuhkan engine. Telah dilakukan penelitian viskositas minyak pelumas yaitu sebelum dan sesudah digunakan, temperatur engine dan emisi gas buang. Pada penelitian ini minyak pelumas yang digunakan adalah Meditran SAE 40 dan Castrol GTX 15W- 40. Alat yang digunakan adalah Viskotester VT-01, Akusisi Data Thermal dan Gas Analyzer. Putaran engine yang digunakan untuk pengambilan data Temperatur dan emisi adalah 1000,1500,2000 RPM.  Hasil penelitian yang didapat adalah pada percampuran minyak pelumas Meditran sebesar 50% dan Castrol 50% menunjukkan hasil yang bagus yaitu penurunan kekentalan (viscosity) minyak pelumas yang sedikit, temperatur engine yang mendekati suhu kerja dan rata-rata emisi yang dihasilkan pada setiap rpm menunjukkan nilai yang rendah.

Published
2022-11-25
Section
Articles