PENGARUH PENGGUNAAN OLI TMO 15W-40 C1-4 DAN OLI SHELL RIMULA R4X 15W-40 TERHADAP ENGINE DIESEL TOYOTA

  • Rohadi
  • Surianto
  • Franciskus Kristiawan
Abstract views: 228 , Full Text downloads: 104
Keywords: Sistem Pelumasan, temperatur, tekanan oli, Tmo 15-40 C1 4 dan Oli Shell Rimula R4x 15w-40, Oil Pressure Switch

Abstract

Sistem Pelumasan merupakaan hal yang paling penting dalam pengoprasian permesinan. Temperatur dan tekanan oli juga dapat berpengaruh dalam pengoprasian engine. Apabila temperatur engine berlebihan maka engine tersebut dapat over heating dan apabila tekanan oli rendah maka distribusi terhadap komponen yang membutuhkan pelumasan akan tidak lancar. Suhu mesin diesel idealnya sekitar 82oC-92oC. Pentingnya fungsi pelumasan pada suatu engine maka saya mengambil judul Pengaruh penggunaan Oli Tmo 15-40 C1-4 dan Oli Shell Rimula R4x 15w-40 Terhadap Engine Diesel Toyota. Pengambilaan data menggunakan dua jenis oli yang berbeda terhadap engine diesel dan menggunakan thermogan untuk temperatur engine dan menggunakan pressure gauge untuk pengukuran tekanan oli, pengukuran dilakuakan pada putaran engine 850,1500,2000,2500 RPM dan dalam waktu 2 menit. Pengambilan data dilakukan 5 kali  untuk setiap penggunan oli. Penelitian yang dilakukan ini meliputi oil pressure switch dan body engine. Pada saat Rpm 850 oli Shelll Rimula R4X 15W-40 mengalami tekanan oli yang lebih rendah dibandingkan dengan oli Tmo 15W-40 C1-4, sedangkan pada saat Rpm 1500 Oli Shell Rimula R4X 15W-40 menunjukan tekanan oli yang nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan Oli Tmo 15W-40 C1-4, dan untuk temperatur engine Oli Shell Rimula R4X 15W-40 menunjukan nilai temperatur engine yang lebih tinggi dibandingkan dengan Oli Tmo 15W-40 C1-4 mulai dari Rpm 850, 1500, 2000, 2500

Published
2022-11-25
Section
Articles