Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Tulisan yang berangkat dari penelitian, paling tidak memuat 4 sub-judul, yaitu pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan yang masing-masing menggunakan angka 1-4. Masing-masing sub-judul ditulis dengan huruf Times New Roman Bold  11 pt. Alignment pada posisi justify (rata kanan dan kiri).

Artikel yang berbentuk resensi buku, biografi, atau feature yang berasal dari pemikiran-pemikiran kritis, dapat disesuaikan dalam hal pengaturan sub-judulnya. Anda diharapkan selalu mengontrol format tulisan anda pada menu paragraph.

1. Format

Naskah ditulis dalam format 1 (satu) kolom, disesuaikan dengan ukuran yang diperlihatkan dalam halaman ini; masing-masing. Jumlah halaman 8 – 15  halaman di luar gambar, tabel, daftar pustaka dan lampiran. File tetap disimpan dalam format Microsoft Word (.doc), BUKAN .docx. Abaikan nomor halaman yang ada di template ini.

2. Pengaturan spasi

Gunakan spasi tunggal (single line spacing) di setiap paragraph yang ditulis. Akan tetapi, ketika menulis teks matematika yang rumit, perlu untuk memperbesar jarak spasi antar baris tulisan agar font sub- dan superscript agar tidak saling overlap satu dengan lainnya. 

3. Pengaturan font

Seluruh tulisan menggunakan jenis huruf Times New Roman dengan rincian ukuran sebagai berikut: Judul 17pt, Nama penulis 13pt, Alamat 8pt, Abstrak 10pt, Kata kunci/Keywords 10pt, Body text 11pt. Sub-judul ditulis dengan style bold sebesar 11 pt.

4. Penulisan tabel

Setiap tabel yang dimasukkan dalam naskah harus memiliki judul. Tabel-tabel disajikan sesuai dengan format yang ditunjukkan oleh Tabel 1, dengan seluruh teks, termasuk judul menggunakan ukuran font 8pt. Lay out tabel konsisten satu dengan yang lain. Garis horisontal pada tabel diletakkan pada bagian atas dan bawah judul tabel, di atas sub-heading dan pada bagian akhir tabel di atas catatan. Hindari penggunaan garis-garis vertikal.

Jika tabel terlalu panjang untuk dipaskan dalam satu halaman, nomer dan heading pada tabel diulang pada halaman berikutnya dimana tabel tersebut dilanjutkan. Sebagai alternatif, pisahkan tabel tersebut menjadi 2 atau lebih halaman. Harap dicatat bahwa angka dan tabel harus ditambahkan pada akhir file.

5. Ilustrasi

Seluruh gambar ilustrasi harus jelas penempatannya dengan jarak paling tidak 1 spasi tunggal di bawah dan di atasnya. Ketika menempatkan sebuah gambar pada bagian atas halaman, bagian atas gambar sejajar dengan tulisan paling atas kolom sebelahnya. Legend atau keterangan gambar berada di tengah dengan ukuran font 8pt.

 

Foto yang digunakan dalam naskah bersifat orisinal (bukan foto yang difoto), dengan kualitas yang tajam dan kontras.

Dokumen asli (bukan transparansi atau slide) sebaiknya diserahkan mendekati ukuran yang diharapkan dalam publikasi.

Semua notasi dan huruf tidak kurang dari 2 mm. Hindari penggunaan tulisan hitam tebal dan bold karena ini akan terlihat tidak menyenangkan saat dicetak.

6. Persamaan

Persamaan (matematika, misalnya) ditempatkan rata kiri dengan margin teks.

Daftar pustaka

Referensi yang dikutip dalam artikel ditulis dan disatukan pada akhir artikel. Penulisan kutipan mengikuti format (nama belakang, tahun) seperti ini (Creswell, 2014) untuk penulis tunggal, seperti ini (Ashby & Johnson, 2013) untuk 2 penulis, dan seperti ini (Prasetya, Laedpriwan, & Wanichakorn, 2014) untuk penulis lebih dari 2. Penulis diwajibkan memeriksa apakah setiap referensi dalam teks muncul dalam daftar referensi dan sebaliknya. Silakan ikuti gaya APA 6th Edition dalam contoh di bawah ini untuk referensi jurnal, buku, dan patents. Ukuran font untuk daftar referensi 9pt. Daftar pustaka ditulis dengan sistem nama-tahun dan disusun menurut abjad. Beberapa contoh penulisan sumber acuan sebagai berikut: (untuk memudahkan, gunakan software Mendeley, EndNote).

 

Contoh:

 Ashby, M., & Johnson, K. (2013). Materials & Design: The Art and Science Selection in Product Design. Oxford; New York: Elsevier Ltd.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). California: SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Prasetya, R. D., Laedpriwan, S., & Wanichakorn, A. (2014). Visiting patient activity at patient room in the perspective of Thai people. Journal of ASEAN Research in Arts and Design, 1(2), 26–34.

 

 

 

 

desain

materi disini berisi tentang artikel desain, dan faktor pendukungnya

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain