PEMANFAATAN LIMBAH KAYU UNTUK KEMASAN CENDERAMATA KHAS KALIMANTAN TIMUR

  • Dyan Asdar Nursapitri Dewi INSTITUT TEKNOLOGI ADHI TAMA SURABAYA
  • Moch Junaidi Hidayat
Abstract views: 1021 , pdf downloads: 462
Keywords: Kemasan, Cinderamata Kalimantan Timur, Limbah Kayu

Abstract

ABSTRAK
Limbah kayu adalah sisa potongan kayu hasil dari proses produksi, yang pada saat ini belum dimanfaatkan semaksimal mungkin. Salah satunya di Kalimantan Timur, limbah kayu biasanya digunakan sebagai bahan bakar atau dibuang begitu saja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen, yang mengolah limbah sisa potongan menjadi sebuah produk. Hasil dari analisis eksperimen didapatkan bahwa limbah sisa potongan kayu tersebut dapat dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan kemasan cenderamata khas Kalimantan Timur. Tahapan yang dilakukan diantaranya melewati proses pemilahan kondisi kayu, pembentukan pola, penghalusan, dan penggabungan pola, setelah itu dapat dilanjutkan ke dalam tahapan proses produksi kemasan dengan menerapkan konsep Etnik Simplicity yaitu perpaduan unsur budaya yang terkesan simpel dan eksklusif dengan tampilan visual sesuai gaya etnik yang dipilih. Dari hasil perancangan terdapat sepuluh desain alternatif, dan lima desain yang terpilih untuk final desain kemasan cenderamata yaitu kemasan untuk kalung, gelang, cincin, sarung dan kain yang nantinya dibuat menjadi sebuah produk kemasan untuk mengemas cenderamata khas Kalimantan Timur tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chrisnawati, Yoanita, Bedjo Riyanto dan Elisabeth Christine Yuwono, (2013), Perancangan Desain Kemasan Kerajinan Di Ria Batik Solo Sebagai Cinderamata Khas Dari Kota Solo, Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Hidayat, Moch. Junaidi (2009), Analisis industri budaya pada desain produk kemasan makanan Industri kecil menengah, Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Volume 1 No. 2 Desember 2009, Hal 141-151.
Sanyoto, Sadjiman Ebdi (2009), Nirmana Dasar-dasar Seni dan Desain, Jalasutra, Yogyakarta
http://jatimpos.co/id/en/pariwisata/681-cinderamata-sarana-kenalkan-daerah-tujuan-wisata
(Akses 03 April 2018)
Published
2020-03-26
How to Cite
Dewi, D. A. N., & Hidayat, M. J. (2020). PEMANFAATAN LIMBAH KAYU UNTUK KEMASAN CENDERAMATA KHAS KALIMANTAN TIMUR. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 6(2). https://doi.org/10.46964/jkdpia.v6i2.18