DESAIN SHELTER SEBAGAI PENUNJANG AKTIVITAS BELAJAR BAGI ANAK -ANAK DI KAMPUNG RAWAN GUSUR DENGAN KONSEP PUZZLE

STUDI KASUS KAMPOENG DOLANAN - SURABAYA

  • Joshua Alberto Santoso CV. Glory Star Advertising, Surabaya
  • Agatha Dinarah Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Abstract views: 65 , PDF downloads: 47
Keywords: lahan terbatas, perkampungan, rawan gusur, tenda, anak-anak

Abstract

Di Indonesia terdapat berbagai perkampungan. Beberapa perkampungan didirikan diatas lahan rawan gusur, yaitu lahan milik suatu perusahaan. Tak sedikit perkampungan di Indonesia yang didirikan di daerah rawan gusur. Salah satunya adalah Kampoeng Dolanan di Surabaya yang berdiri diatas lahan milik PT. Kereta Api Indonesia. Walau berdiri diatas lahan rawan gusur, warga tetap beraktivitas sama seperti warga perkampungan pada umumnya. Warga yang tinggal di daerah perkampungan identik dengan kerukunan dan solidaritas yang tinggi. Warga di Kampoeng Dolanan juga melakukan aktivitas yang sama seperti warga perkampungan pada umumnya. Namun ada sedikit yang berbeda, karena memiliki komunitas yang mengadakan beragam kegiatan di Kampoeng Dolanan, salah satunya adalah Semesta Belajar yang merupakan kegiatan yang diisi oleh kakak dari Komunitas Dolanan, dengan tujuan mengadakan sekolah kecil-kecilan bagi anak-anak di Kampoeng Dolanan. Semesta Belajar diadakan di area terbuka yang hanya beralaskan terpal saja. Hal ini menyebabkan ketika hujan, tidak ada yang melindungi mereka, sehingga ketika hujan turun, kegiatan Semesta Belajar di tiadakan atau dipindah tempatnya. Oleh karena itu, penulis menggunakan studi kasus diatas sebagai obyek untuk merancang tenda sehingga dapat menunjang kegiatan berkumpul warga perkampungan rawan gusur, yang salah satunya contohnya adalah Semesta Belajar, agar dapat berjalan dengan optimal dalam berbagai keadaan cuaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daulay, F., & N. . (2022). Pengaruh Fasilitas Sekolah terhadap Kemampuan dan Motivasi Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3731–3738. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2553

Fathoni, & Sobandi. (2020). Dampak fasilitas belajar dan kesiapan belajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 129–113. doi:https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Hidayanto, A. F., Nur, D. J. S., & Atmono, Y. F. S. (2023). Desain Meja Belajar Anak Bergaya Tetris. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 11(2), 9. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v11i2.428. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur, 11(2), 9. doi:https://doi.org/10.46964/jkdpia.v11i2.428

Hidayati, Z., Noviana, M., Fitria, D., Thamrin, N. H., & Hayati, A. N. (2023). Perencanaan Rusunami Rumah Difabel Di Samarinda Penekanan Pada Aksesibilitas. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri dan Arsitektur, 11(2), 9. doi:https://doi.org/10.46964/jkdpia.v11i2.425

Kustiwan, I., & Ramadhan, A. (2019). Strategi Peningkatan Kualitas Lingkungan Kampung-Kota dalam Rangka Pembangunan Kota yang Inklusif dan Berkelanjutan: Pembelajaran dari Kasus Kota Bandung. Journal of Regional and Rural Development Planning, 3(1). Retrieved from https://doi.org/10.29244/jp2wd.2019.3.1.64-84

Pigawati, R. N. B. (2015). Kajian Karakteristik Kawasan Pemukiman Kumuh Di Kampung Kota (Studi Kasus: Kampung Gandekan Semarang). Teknik Perencanaan Wilayah Kota, 4(2), 267–281.

Setiawan, B. (2010). Pengelolaan Sda Retrieved from https://lib.ft.ugm.ac.id/download/pidato-guru-besar-prof-bakti-setiawan-kampung-kota-dan-kota-kampung-tantangan-perencanaan-kota-di-indonesia/

Sobandi, A., & Adman, T. Y. R. (2020). Learning Facilities : Can It Improve the Vocational School Productivity ? .

Widjaja, P. (2013). Kampung-Kota Bandung. . Bandung: Graha Ilmu.

Yugiswara, S., & K. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Movasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun 2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1). doi:https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10427

Published
2024-03-28
How to Cite
Santoso, J. A., & Dinarah, A. (2024). DESAIN SHELTER SEBAGAI PENUNJANG AKTIVITAS BELAJAR BAGI ANAK -ANAK DI KAMPUNG RAWAN GUSUR DENGAN KONSEP PUZZLE : STUDI KASUS KAMPOENG DOLANAN - SURABAYA. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 12(1). https://doi.org/10.46964/jkdpia.v12i1.602