Pendidikan dalam Paket Wisata Kampung Kreatif Kota Blitar (Studi Fenomenologi Terhadap Kampung Kreatif di Kota Blitar)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan peran pendidikan pada penentuan paket wisata kampung kreatif yang mulai aktif berkembang di Kota Blitar. Peran pendidikan tidak luput dari kebutuhan wisatawan saat melakukan kegiatan pariwisata. Adanya dukungan dinas pariwisata untuk memberdayakan kampung kreatif di Kota Blitar tak lain karena program “MAYA JUWITA” (Masyarakat Berdaya Menuju Kota Pariwisata) antar Kota Blitar. Penelitian kualitatif dalam penelitian ini memberikan peran alaminya yaitu untuk mencari pemahaman, dan interpretasi berupa tafsiran fenomena yang dilihat peneliti melalui dinas kebudayaan dan pariwisata Kota Blitar pada kampung kreatif terkait tentang paket wisata edukasi. Implementasi kualitatif pada penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dimana peneliti menganalisis menggunakan teknik analisis deskriptif tentang fenomena yang terjadi pada Kampung kreatif di Kota Blitar. Hasil tersebut menunjukan penelitian peran pendidikan dalam penentuan paket wisata menjadikan kampung kreatif menemukan dampak positif yang cukup baik. Faktanya 80 % hasil survey beberapa kampung kreatif ada 8 dari 10 kampung kreatif di Kota Blitar menyertakan paket edukasi yang menjadi andalan untuk memberikan peluang peningkatan ekonomi warga sekitar kampung
Downloads
References
Biroli, A. (2015). RASIONALITAS WISATAWAN WISATA PILGRIM (Studi Fenomenologi Terhadap Wisatawan Di Kawasan Wisata Pilgrim Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang). Surakarta : Jurnal Analisa Sosiologi Oktober 2015, 4(2): 98 –114 Universitas Sebelas Maret.
Cokroaminoto (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. http://www.menulisproposalpenelitian.com/2011/01/metodologi-penelitian-kualitatif.html. Diakses taggal 29 Januari 2020, pukul 08.30.
Mill, Robert Christie. 2000. The Tourism International Business. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Moustakas, C. E. (1994). Phenomenological Research Methodes. United States of America: Sage Publication.
Ricoeur, P. (n.d.) Teori Interpretasi Memahami Teks, Penafsiran dan Metodologinya. Jogjakarta: IRCiSoD.
Amalia, S. dkk. (2019). Panduan Wisata Edukasi Desa Wisata Jernih Kabupaten Sarolangun. Yugyakarta: DeePublish.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The author (s) keeps copyright on any article.
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- We distributed the article, and any associated published material under the Creative Commons Attribution-Share alike 4.0 International License