Pendidikan dalam Paket Wisata Kampung Kreatif Kota Blitar (Studi Fenomenologi Terhadap Kampung Kreatif di Kota Blitar)

  • Maria Ulfa Yudha Julistiyana Universitas Islam Balitar, Indonesia
Abstract views: 41 , PDF downloads: 67
Keywords: Pendidikan, Paket Wisata, Kampung Kreatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan peran pendidikan pada penentuan paket wisata kampung kreatif yang mulai aktif berkembang di Kota Blitar. Peran pendidikan tidak luput dari kebutuhan wisatawan saat melakukan kegiatan pariwisata. Adanya dukungan dinas pariwisata untuk memberdayakan kampung kreatif di Kota Blitar tak lain karena program “MAYA JUWITA” (Masyarakat Berdaya Menuju Kota Pariwisata) antar Kota Blitar. Penelitian kualitatif dalam penelitian ini memberikan peran alaminya yaitu untuk mencari pemahaman, dan interpretasi berupa tafsiran fenomena yang dilihat peneliti melalui dinas kebudayaan dan pariwisata Kota Blitar pada kampung kreatif terkait tentang paket wisata edukasi. Implementasi kualitatif pada penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dimana peneliti menganalisis menggunakan teknik analisis deskriptif tentang fenomena yang terjadi pada Kampung kreatif di Kota Blitar. Hasil tersebut menunjukan penelitian peran pendidikan dalam penentuan paket wisata menjadikan kampung kreatif menemukan dampak positif yang cukup baik. Faktanya 80 % hasil survey beberapa kampung kreatif ada 8 dari 10 kampung kreatif di Kota Blitar menyertakan paket edukasi yang menjadi andalan untuk memberikan peluang peningkatan ekonomi warga sekitar kampung

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiakurnia, M. I. (2019). "Bangga! Indonesia Raih Juara Inovasi Wisata UNWTO di Spanyol". Kompas.com : https://travel.kompas.com/read/2018/01/18/180111027/bangga-indonesia-raih-juara-inovasi-wisata-unwto-di-spanyol?page=all.

Biroli, A. (2015). RASIONALITAS WISATAWAN WISATA PILGRIM (Studi Fenomenologi Terhadap Wisatawan Di Kawasan Wisata Pilgrim Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang). Surakarta : Jurnal Analisa Sosiologi Oktober 2015, 4(2): 98 –114 Universitas Sebelas Maret.

Cokroaminoto (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. http://www.menulisproposalpenelitian.com/2011/01/metodologi-penelitian-kualitatif.html. Diakses taggal 29 Januari 2020, pukul 08.30.

Mill, Robert Christie. 2000. The Tourism International Business. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moustakas, C. E. (1994). Phenomenological Research Methodes. United States of America: Sage Publication.

Ricoeur, P. (n.d.) Teori Interpretasi Memahami Teks, Penafsiran dan Metodologinya. Jogjakarta: IRCiSoD.

Amalia, S. dkk. (2019). Panduan Wisata Edukasi Desa Wisata Jernih Kabupaten Sarolangun. Yugyakarta: DeePublish.
How to Cite
Maria Ulfa Yudha Julistiyana. (1). Pendidikan dalam Paket Wisata Kampung Kreatif Kota Blitar (Studi Fenomenologi Terhadap Kampung Kreatif di Kota Blitar). EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 2(01), 18-31. https://doi.org/10.53050/ejtr.v2i01.125