Evaluasi Citra Destinasi dan Performa pada Website Resmi Pariwisata Indonesia dan Malaysia
Abstract
Abstrak
Berbagai destinasi mengelola situs web pariwisata resmi untuk mempromosikan citra destinasi mereka. Sebagai destinasi yang diharapkan dapat menghasilkan devisa dari bisnis pariwisata, Indonesia dan Malaysia memiliki situs resmi pariwisata untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan destinasi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja website resmi pariwisata Indonesia dan Malaysia dalam konteks aspek visual destinasi yang ditampilkan melalui website dan selanjutnya membandingkan kinerja kedua situs web tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua situs web cenderung untuk memvisualisasikan citra destinasi yang serupa untuk target pasar mereka. Lebih jauh situs resmi pariwisata Indonesia ternyata berhasil memperoleh jumlah kunjungan dan pencarian organik yang lebih tinggi dari khalayak. Sebaliknya, situs web resmi pariwisata Malaysia berkinerja lebih baik dalam hal durasi kunjungan, jumlah halaman per kunjungan, dan bounce rate. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa situs web pariwisata resmi Indonesia cenderung menarik lebih banyak pengunjung asli yang mencari informasi spesifik dari situs web, namun mereka cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menjelajahi situs tersebut. Sebaliknya, meski memiliki jumlah kunjungan yang rendah, website resmi pariwisata Malaysia cenderung berkinerja lebih baik dalam mempertahankan pengunjungnya dalam hal waktu yang dihabiskan pengunjung untuk menelusuri situs web. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa situs web resmi pariwisata Indonesia berhasil mendapatkan kuantitas kunjungan yang baik tetapi cenderung mengabaikan kualitas pengalaman pengunjungnya. Sebaliknya, situs resmi pariwisata Malaysia cenderung memberikan kualitas pengalaman yang lebih tinggi bagi pengunjungnya. Selain itu, kesimpulan dan rekomendasi praktis lainnya juga dirumuskan.
Downloads
References
Referensi
P. Picazo and S. Moreno-Gil, “Analysis of the projected image of tourism destinations on photographs: A literature review to prepare for the future,” J. Vacat. Mark., vol. 25, no. 1, pp. 3–24, 2017.
M. M. Mariani, M. Di Felice, and M. Mura, “Facebook as a destination marketing tool: Evidence from Italian regional Destination Management Organizations,” Tour. Manag., vol. 54, pp. 321–343, 2016.
C. R. Novabos, A. Matias, and M. Mena, “How Good is this Destination Website: A User-centered Evaluation of Provincial Tourism Websites,” Procedia Manuf., vol. 3, no. October, pp. 3478–3485, 2015.
S. Molinillo, F. Liébana-Cabanillas, R. Anaya-Sánchez, and D. Buhalis, “DMO online platforms: Image and intention to visit,” Tour. Manag., vol. 65, pp. 116–130, 2018.
M. A. Rodríguez-Molina, D. M. Frías-Jamilena, and J. A. Casta~neda-García, “The contribution of website design to the generation of tourist destination image: The moderating effect of involvement,” Tour. Manag., vol. 47, pp. 303–317, 2015.
D. Leung and A. Dickinger, “How friendly destination websites are for mobiles? A study of destination marketing organizations in the Asia Pacific region,” Asia Pacific J. Tour. Res., vol. 24, no. 12, pp. 1126–1140, 2019.
Y. Yaemsuksawat, “ASEAN Tourism Management for High-End Tourists,” Ph.D. Soc. Sci. J., vol. 11, no. 2, pp. 310–320, 2021.
Himanshu and Jeannie, “Evaluation of Official Tourism Websites of South East Asian Nations (ASEAN) using the Balanced Score-Card Approach,” Int. J. Hosp. Tour. Syst., vol. 8, no. 2, pp. 64–73, 2015.
ICCA, “ICCA Statistics Report Country & City Rankings,” 2020.
V. V. Putri, “Analysis of Nation Branding Indonesia and Malaysia,” Universitas Gadjah Mada, 2020.
V. Sirisuthikul, “Evaluation of Official Tourism Websites of ASEAN Destinations,” vol. 4, no. 9, pp. 496–498, 2019.
I. Syafganti, S. Ramadanty, and M. Walrave, “The consistency of projected online destination images: comparing the official websites and Instagram accounts of main destinations in Southeast Asia,” J. Place Manag. Dev., 2022.
UN World Travel Organization, “International Tourism Highlights,” 2020.
S. Stepchenkova and F. Zhan, “Visual destination images of Peru: Comparative content analysis of DMO and user-generated photography,” Tour. Manag., vol. 36, pp. 590–601, 2013.
C. H. C. Hsu and H. Song, “A Visual Analysis of Destinations in Travel Magazines,” J. Travel Tour. Mark., vol. 31, no. 2, pp. 162–177, 2014.
A. Nugroho, “ASEAN tourism marketing communication attribute: An exploratory research at goaseantv,” Eur. Res. Stud. J., vol. 20, no. 3, pp. 383–395, 2017.
Copyright (c) 2024 Imam Syafganti, Heri Setyawan, Sudarno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The author (s) keeps copyright on any article.
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- We distributed the article, and any associated published material under the Creative Commons Attribution-Share alike 4.0 International License