Pengaruh Kualitas Layanan Digital, Kepercayaan dan Keamanan terhadap Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan Aplikasi Mobile Banking Livin’ By Mandiri di Kota Samarinda

  • Jelyta Palittin Politeknik Negeri Samarinda
  • Achmad Rudzali Politeknik Negeri Samarinda
  • Rahmawati Fitriana Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 263 , Fulltext downloads: 186
Keywords: Kualitas Layanan Digital, Kepercayaan, Keamanan, Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan digital, kepercayaan, dan keamanan, terhadap kepuasan nasabah pada pengguna mobile banking Livin’by Mandiri di Kota Samarinda. Pemilihan sampel dilakukan secara non-probability sampling, dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu dari responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna mobile banking Livin’by Mandiri di Kota Samarinda. Adapun teknik analisis data menggunakan software SPSS versi 25. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan digital, kepercayaan dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.

References

Agustina, T. S. (2011). Peran inkubator bisnis perguruan tinggi dalam meminimalkan resiko kegagalan bagi wirausaha baru pada tahap awal (start-up). Majalah Ekonomi, 1, 64–74.

Albetris, A., Alhudhori, M., Devita, R., & Emil, M. (2022). E-Service Quality, Corporate Image, Government Policy terhadap E-Satisfaction pada Universitas yang di Moderasi E-Trust. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 813–819.

Amalia, P., & Hastriana, A. Z. (2022). Pengaruh Kemanfaatan , Kemudahan Keamanan, dan Fitur M-Banking terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus BSI KCP Sumenep). 1, 70–89.

Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar manajemen pemasaran. Deepublish.

Dennisa, E. A., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 997–1009.

Diva, I., Ar-raniry, U. I. N., Ashal, F. F., Ar-raniry, U. I. N., Rasyid, I., Tarigan, R., & Ar-raniry, U. I. N. (n.d.). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap. X.

Dzul, A., & Syarifuddin, I. (2021). YUME: Journal of Management Kepuasan Nasabah pada Mobile Banking di Era Pandemik Covid-19 (Studi Bank BNI Cabang Makassar). 4(1). https://doi.org/10.37531/yume.vxix.76

Elsya Shafira, P. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Digital, Kemudahan Penggunaan, Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Bca Digital di Jakarta). Unsada.

Fitrianovita, F. (2023). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Livin by Mandiri. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan, 14(6).

Niezar, M., Sufian, S., & RAHARDJO, S. T. (2015). Analisis Pengaruh Trust Dan Mutu Sistem Terhadap Minat Nasabah Untuk Bertransaksi Online Dan Dampaknya Pada Keputusan Nasabah Dalam Bertransaksi Online (Studi Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Semarang). Diponegoro University.

Nugraheni, A., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Internet Banking dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah di BCA Pemuda Semarang. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 222–223.

Pambudi, T., & Soliha, E. (2022). Pengaruh kualitas layanan, citra bank, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah bank. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 3), 1267–1287.

Pujiastuti, E., Zahra, A. N., & Utami, N. (2023). Analisis Kualitas Aplikasi Olstorage Menggunakan Metode WebQual 4.0 pada Divisi PPL PT. MNC Play. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO-Ilmu Komputer & Informatika, 6(1), 33–44.
Published
2025-10-12
Section
Articles