Pengaruh Pengetahuan, Reputasi, Religiusitas, dan Motivasi terhadap Minat Menabung pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Bung Tomo

(Studi pada Masyarakat Kelurahan Sungai Keledang)

  • Aris Tri Cahyono Politeknik Negeri Samarinda
  • Dina Rahmawanti Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 435 , Fulltext downloads: 417
Keywords: saving interest, motivation, knowledge, religiosity, reputation

Abstract

This study uses quantitative methods. The data collection technique in this study used a questionnaire distribution technique. The sample in this study were 114 respondents. Data analysis techniques that will be used in this study are Validity Test, Reliability Test, Multiple Linear Regression Test, t Test, f Test, Correlation Coefficient, Coefficient of Determination and using IBM SPSS Version 23 software. The results of this study partially knowledge variables have a significant effect on interest in saving at PT Bank Syariah Indonesia KCP Bung Tomo, seen from Tcount > Ttable (2.812 > 1.981) and sig value of 0.006 <0.05, partially reputation variable has no significant effect on interest in saving at PT Bank Syariah Indonesia KCP Bung Tomo , seen from Tcount < T table (1,249 < 1,981) and sig value of 0,214 > 0,05, partially religiosity variable has no significant effect on interest in saving at PT Bank Syariah Indonesia KCP Bung Tomo, seen from Tcount < T table (1,279 < 1,981) and the sig value of 0.204 > 0.05, partially the motivation variable has a significant effect on the interest in saving at PT Bank Syariah Indonesia onesia KCP Bung Tomo, seen from Tcount > T table (2,423 > 1,981) and sig value of 0.017 < 0.05, simultaneously the variables of knowledge, reputation, religiosity and motivation affect interest in saving at PT Bank Syariah Indonesia KCP Bung Tomo, seen from Fcount > Ftable (10,955 > 2,45) and the sig value is 0.000 < 0.05.

References

Agustin, Cindy Ayu dan Hellianto, Gracia Reveria, 2020, Pengaruh Reputasi Terhadap Minat Beli Produk Skincare di Shopee, Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, Volume 2, Issue 1.
Ainina, Wida, 2018, Minat Nasabah Menabung di Bank Syariah Mandiri Yogyakarta, Skripsi.
Fadli, 2017, Pengaruh Pengetahuan dan Iklan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan Angkatan 2014), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan.
Ghozali, Imam, 2018, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25., Semarang.
Hair, Joseph F., Black, William C., Babin, Barry J. dan Anderson, Rolph E., 2014, Mutivariate Data Analysis.

Kasmir, 2014, Dasar-Dasar Perbankan, Edisi Revi, Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Latansa, M. Luthfa., 2020, Pengaruh Reputasi Perusahaan Terhadap Minat melamar Pekerjaan Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang.
Mardiana, Eva, Thamrin, Husni dan Nuraini, Putri, 2021, Analisis Religiusitas Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Kota Pekanbaru, Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, Volume 4, Issue 2.
Mulyanto, Heru, Andriyani, Meli dan Rasipan, 2018, Reputasi Dalam Mendorong Kepercayaan dan Minat Beli Konsumen Produk Makanan UMKM di Cileungsi, Manajemen Kewirausahaan, Volume 15, Issue 02.
Nasution, Siti Nazariah dan Susianto, 2020, Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri KCPSy Belawan ( Studi Kasus Masyarakat Kelurahan Belawan II ), Jurnal Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Pakkawaru, Irham, 2018, Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menabung dan Informasi Sebagai Variabel Moderating, Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah dan Hukum.
Prasetyo, Hendi dan Anitra, Vera, 2020, Pengaruh Religiusitas Terhadap Kinerja Karyawan Studi Pada Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Borneo Student Research, Volume 2, Issue 1.
Priansa, Donni Juni, 2017, Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Cet.1, Bandung: Alfabeta.
Ramadhani, Nur’aini Ika, Susyanti, Jeni dan ABS, M. Khoirul, 2019, Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah Kota Malang, E-Jurnal Riset Manajemen.
Rizal, Mohammad dan Ridwan, 2018, Perbankan Syariah, Malang: Empatdua.
Rosyid, Maskur dan Saidiah, Halimtul, 2016, Pengetahuan Perbankan Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Minat Menabung Santri dan Guru, Islaminomic, Volume 7, Issue 2.
Rusby, Zulkifli, 2017, Manajemen Perbankan Syariah, PekanBaru: Pusat Kajian Pendidikan Islam FAI UIR.
Simarmata, Hengki Mangiring Parulian, Revida, Erika, Kato, Iskandar, Sari, Hijrayanti, Simatupang, Sudung, Sudarso, Andriasan, Faisal, Muhamad, Tjiptadi, Diena Dwidienawati, Sisca, Anggusti, Martono dan Muliatie, urilla Endah, 2021, Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas, In, Abdul Karim & Janner Simarmata (Ed.), Yayasan kita menulis, (Pertama), Yayasan Kita Menulis,
Sumarwan, Ujang, 2020, Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran), Bogor.:
Suprayogi, Ogi, Noor, Trisna Insan dan Yusuf, Muhamad Nurdin, 2019, Persepsi dan Minat Mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Galuh Ciamis Untuk Berkarir di Bidang Pertanian (Suatu Kasus di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis) Cabang, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, Volume 6.
Tiyas, Afrin Suryaning, 2021, Pengaruh Motivasi Menabung dan Pengetahuan Tentang Produk Perbankan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Indonesia Kcp MT. Haryono Magetan.
Tri Astuti, Desi, 2020, Pengaruh Pengetahuan dan Reputasi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Bank Syariah (Studi pada mahasiswa perbankan syariah di kota banda aceh), Volume 2507, Issue February, pp. 1–9.
Undang-Undang Nomor 10, 1998, Presiden Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan.
Wanto, Sakti Fajar, 2014, Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smkn 1 Seyegan Effect of Independence and Entrepreneurship Motivation on the, pp. 1–7.
Wijaya, Candra dan Rifa’i, Muhammad, 2016, Dasar-Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efesien, In, Syarbaini Saleh (Ed.), Perdana, Medan: Perdana Publishing.
Published
2022-11-17
Section
Articles