Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Lokasi dan Fasilitas terhadap Minat Nasabah untuk Menabung pada Bank BRI Unit Harapan Baru

  • Sektalonir Oscarini Wati Bhakti Politeknik Negeri Samarinda
  • Pransiska Diana Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 387 , Fulltext downloads: 320
Keywords: Product, Service, Location, Facilities, Interest

Abstract

The research objective was to determine effect the quality of the product, service, location and facilities on the customer Interest in the Saving in BRI New Hope Bank. The method of data collection was done through by a questionnaire, distributed to 100 respondents, namely customers of the BRI New Hope Bank. The data obtained was then processed using the SPSS version 23 tool. The analysis of the research included the validity test, reliability test, multiple regression analysis hypothesis testing (t test, F test, and R2 test), and also the classical assumption test. The test results partially show that product quality and location do not have a positive and significant effect on interest in saving. While services and facilities have a positive and significant effect on interest in saving.

References

Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis (2012). Bank dan Lembaga keuangan, Edisi 1. Jakarta: Rajawali Pers.

Abror, Abdulrahman (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Bawono, Anton (2006). “Multivariate Analysis dengan SPSS, cetakan pertama”. STAIN Salatiga Press.
Diana, Susanti Mei (2017). Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di BMT Umat Sejahtera Kalijambe. IAIN Surakarta.

Ghozali, Imam (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Undip.

Hasibuan, Malayu (2011). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Heir J.F. et. al (1995). Multivariate Data Analysis With Reading, Edisi 4. New Jersey: Prentice Hall.

Homsatun (2018). Pengaruh Lokasi, Pelayanan, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Pada PT Bank Muamalat Tbk, Cabang Kendari. IAIN Kendari.

Hurriyati, Ratih (2010). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kasiram, H.Moh (2008). Metodologi penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN Malang Press.

Kasmir (2008). Etika Customer Service, Edisi 1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir (2014). Manajemen Perbankan, edisi revisi”. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, Philip (2005). Manajemen pemasaran, Jilid 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane (2007). Manajemen Pemasaran, edisi 12 jilid 2. PT Indeks.

Khotler, Philip, dan Keller, Kevin Lane (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2, Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani (2009). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, Mahmud (2007). Pengantar Bisnis Modern, Edisi 1. Yokyakarta: Andi.

Malau, Harman (2017). Manajemen Pemasaran, Bandung: Alfabeta.

Marwanto, Aris (2015). Marketing Sukses.Yogyakarta: Kobis.

Nurhayati, Vita (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Lembaga Keuangan Mikro Syari’ah . IAIN Salatiga.

Poerwadaminta, W.J.S. (2006). “Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III”, Jakarta: Balai Pustaka

Priyatno, Duwi (2012). Olah Data Statistik dengan SPSS, Edisi 1. Yogyakarta: ANDI.

Putri, Tandi Larasati (2017). Pengaruh Lokasi, Produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Mahasiswa IAIN Salatiga Dalam Menjadi Nasabah Bank Syariah. IAIN Salatiga.

Ratnasari, Ririn Tri dan Aksa, Mustati (2011). Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Shinta, Agustina (2014). Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Slamento (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi (2000). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Sujarweni, Wiratna (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.

Supranto, J (2010). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Cet. 1, Jakarta: PT, Rineka Cipta.

Suryani, Tatik (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank Di Era Global. Jakarta: Prenadamedia Group.

Swastha, Basu (2002). Azaz-Azaz Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.

Tarigan, Robinson (2005). Ekonomi Regional Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Perkasa.

Tjiptono, Fandy (2018). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi offset.

Wandira, Ayu (2018). Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menabung Di Bank Syari’ah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri KCP Teluk Betung Bandar Lampung). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Wardani, Aisya (2013). Pengaruh Kepercayaan, Pelayanan dan Fasilitas Bank Terhadap Prilaku Menabung (Studi Pada Nasabah Bank Purworejo). Universitas Muhammadiayah Purworejo.

Wibowo (2010). “Manajemen Kinerja, Edisi 3”. Jakarta: Rajawali Pers.

Internet:

https://mirave21.wordpress.com/tag/pengertian-nasabah/
(2018,24Desember) https://www.cermati.com/artikel/amp/tabungan-bri-pilihan-lengkap-dengan-syarat-dan-biaya-yang-memuaskan

(2019,6Januari)
https://ekonomi-kompas-com/read/2016/05/31/164626326/bri-satusatunya-bank-di-dunia-yang-punya-satelit-sendiri
Published
2022-11-17
Section
Articles