Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Samarinda 1

  • Chottam Chottam Politeknik Negeri Samarinda
  • Achmad Rudzali Politeknik Negeri Samarinda
  • Florentina Kohat Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 23 , Fulltext downloads: 30
Keywords: Satisfaction Customers, BRI Branch Samarinda 1

Abstract

The purpose of this study was to test customer satisfaction with the role of customer service partially and simultaneously at PT Bank Rakyat Indonesia Samarinda Branch Office 1. The data collection instrument was a questionnaire measured by a Likert scale. The sample in this study was 350 customers of PT Bank Rakyat Indonesia Samarinda Branch Office 1 who were randomly assigned using probability sampling techniques. The results of the two hypotheses indicate that the variable role of customer service (X) is proven to have a positive and significant effect on customer satisfaction (Y) at PT Bank Rakyat Indonesia Samarinda Branch.

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Ekonomi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bugin, Burhan. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif.kuantitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Bank BRI. Cabang samarinda 1.jumlah nasabah.samarinda:2014.2018.
Engel, James F. Roger D.Blackwell. Paul W.Miniard. 1994. Perilaku Konsumen, Jilid 1, Edisi Keenam. Jakarta: Binarupa Aksara
Fuady, Munir. 1999. Hukum Perbankan Modern (Berdasarkan Undang-Undang Tahun 1998). Bandung: PT. Citra Aditys Bakti.
Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty, edisi revisi dan terbaru. Jakarta: Erlangga.
Hutabalian, Yuniarta H dan Johnny Samuel Kalangi. 2015. (Peran Customer Service dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di PT. Bank Rakyat Indonesia Persero) Tbk Unit Politeknik ejurnal "Acta Dluma"
Ismail. 2010. Manajemen Perbankan (Dari Teori Menuju Aplkasi). Jakarta; kencana.
Kasmir. 2005. Etika Customer service. Jakarta: PT RajaGrafndo Persada.
Kasmir. 2007. Kewirausahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kasmir. 2014. manajemen perbankan, edisi revisi. Jakarta: Rajawali Pers. 97
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2007:177). Manajemen Pemasaran, edisi 13, jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran: PT Gelora Aksara Pratama
Lovenia, C. O. A., & Sutopo, S. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Jateng Cabang Utama Semarang). Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Maharani, A. D., & Darmastuti, I. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Universitas Diponegoro,
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif.kuantitatif.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Passe, Longginus. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Studi Pada PT. Bank Papua Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi Program Studi Manajemen Jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Priyatno, D. (2010). Paham Analisis Statistik Data Dengan SPSS. Jakarta: PT BUKU SERU.
Rahardjo, Mugi. 2009.Pemasaran Lembaga Keuangan atau Perbankan. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.
STAIN Jember. 2014. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Jember: STAIN Jember Press.
Sugiyatik. 2015. Peranan Customer service (CS) PT Bank BRI Cabang Samarinda 1dalam peningkatan kepuasan nasabah.samarinda
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Swastha, Basu. Irawan. 1989. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty
Sunyoto, D. (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis.Yogyakarta: Medpress.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2001. Total Quality Management, Edisi Revisi. Yogyakarta: C.V. Andi.
Published
2022-11-17
Section
Articles