Prosedur Saluran Distribusi Pupuk pada CV Sumber Agung Sangatta

  • Erna Andriani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusantara Sangatta
  • Meita Sondang Riski Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusantara Sangatta
Abstract views: 150 , Fulltext downloads: 125
Keywords: Prosedur, Saluran Distribusi, Gudang, Kios

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis  prosedur saluran distribusi pupuk pada CV. Sumber Agung Sangatta. Analisis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu berupa serangkaian informasi yang digali dari hasil penelitian tetapi masih merupakan fakta-fakta verbal, atau masih dalam bentuk keterangan-keterangan yang dilakukan sejak persiapan sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan dan setelah selesai di lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi tidak langsung dari produsen ke konsumen. Saluran distribusi CV Sumber Agung Sangatta di awali dari produsen, yaitu PT Petrokimia Gresik ke distributor CV Sumber Agung Sangatta kemudian ke pengecer yaitu kios Sumber Agung baru ke konsumen akhir, dalam hal ini adalah petani atau kelompok petani atau disebut juga pembeli.

Prosedur saluran distribusi di gudang CV Sumber Agung Sangatta belum mengikuti aturan Perpres No 26 Tahun 2012. Masih manual dan perlu diperbaiki. Kios Sumber Agung sudah menggunakan aplikasi program komputer yang bernama RMS (Retail Management System). Aplikasi ini digunakan untuk arus keluar masuknya pupuk di kios. Namun aplikasi ini berdiri sendiri, belum terintegrasi dengan gudang.

References

Alfatiyah, R., Bastuti, S., Shobur, M., dan Candra, A., 2019, Manajemen Logistik. Banten : Unpam Press.

Alma, Buchory., dan Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen Pemasaran : Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi Dan Tanya Jawab. Bandung: CV. Linda Karya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Chopra, S., and Meindl, P. 2007. Supply Chain Management: Strategy, Planning and Operations, 2nd or 3rd Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Dewi, Irra Chrisyanti. 2011. Pengantar Ilmu Administrasi. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Dubois, D. 2003. Competency Based Performance Improvement: A Strategy For Organisation Change. United States: HRD Press. Inc.

Dwiantara, L., Rumsari S.H. 2004. Manajemen Logistik. Jakarta: PT. Gramedia.

Etzel, Michael J, Walker J W., Stanton, W J. 2013. Marketing. Terjemahan. Edisi ke-12. New York, USA: McGraw-Hill Irwin.

Fajar, Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Gitosudartomo. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Handfield, R., and Nichols, Jr., E. L. 2002. Supply Chain Redesign: Transforming Supply Chains Into Integrated Value Systems. New Jersey: Financial TimesPrentice Hall.

Jasmal. 2007. Memberdayakan-Kelompok-Tani. Yogyakarta.

Kotler & Keller. 2011. Marketing Management (14th ed). United States: Pearson.

Kotler & Armstrong. 2012. Principles of Marketing (14th ed). United States : Pearson.

Nickels, William G. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.

Pujawan, I.N. 2005. Supply Chain Management. Surabaya : Guna Widya.

Peraturan Presiden No. 26 tahun 2012 tentang Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional.

Peraturan Menteri Pertanian No. 60/Permentan/SR.310/12/2015 tentang Alokasi dan HET Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian TA 2016.

Peraturan Menteri Peragangan No. 15/M-DAG/PER/4/2013 tentang Pengadaan an Penyaluran Pupuk Bersubsidi Untuk Sektor Pertanian.

Rasto. 2015. Manajemen Perkantoran Paradigma Baru. Bandung: CV Alfabeta.

Salim, Abbas.2016. Manajemen Logistik. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Siagian. Yolanda M. 2005. Aplikasi Supply Chain Management Dalam Dunia Bisnis. Jakarta: Grasindo.

Stanton, William J. 2012. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabeta.

Sumathy, V.et al. 2011. Office Management. Tamilnadu Textbook Corporation.

Suntoro. 2020. Manajemen Logistik. Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia. Bandung.

Sunyoto, Danang. 2013. Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : In Media.

Sutanto, R. 2002. Penerapan Pertanian Organik. Cetakan 5. Yogyakarta : Kanisius.

Syafaat dan Nizwar. 2007. Pengembangan Model Permintaan dan Penawaran Komoditas Pertanian Utama. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Departemen Pertanian.

Swastha, Basu. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi.

Wirartha, I Madhe. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi.
Published
2023-04-30
Section
Articles