Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser dan Testimoni terhadap Minat Beli Pengguna Media Sosial Instagram

(Studi pada Mahasiswa Prodi D4 Keuangan dan Perbankan)

  • Nyoria Anggraeni Mersa Politeknik Negeri Samarinda
  • Noor Fachman Tjetje Politeknik Negeri Samarinda
  • Dhea Novita Mayang Sari Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 80 , Fulltext downloads: 51
Keywords: Celebrity Endorser, Testimoni, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser dan Testimoni terhadap minat beli pengguna media sosial Instagram (Studi Pada Mahasiswa Prodi D4 Keuangan Dan Perbankan). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Mahasiswa Prodi D4 Keuangan dan Perbankan dengan jumlah sampel sebesar 90 responden. Teknik pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan Teknik sampling convenience sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebrity Endoser dan Testimoni berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli pada pengguna media sosial Instagram (studi mahasiswa D4 Keuangan dan Perbankan)

References

Ashilah, 2021, Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Pengguna Media Sosial Instagram Di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uinsa.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, Laporan Survei Internet Apjii 2019 – 2020, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, Https://Apjii.Or.Id/Survei.
Awallia, 2018, Pengaruh Testimoni Dan Selebgram Endorsment Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Media Sosial Instagram Mahasiswa Fakultas Syariah Iain Ponorogo, Advanced Optical Materials.
Banjaŕnahor, 2021, Manajemen Komunikasi Pemasaran, In, Angewandte Chemie International Edition.
Cahyawati, 2020, Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Testimoni Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Media Sosial Instagram ( Studi Kasus Mahasiswa Febi Uin Walisongo Semarang), Skripsi.
Cahyono, 2017, Statistik Uji Korelasi, Journal Of Chemical Information And Modeling (Ed.), Volume Pertama.
Dian, Feni, 2016, Pengaruh Testimoni Dalam Periklanan (The Influence Of Testimony In Advertising), Jurnal Manajerial, Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Manajerial/Article/View/9475/5864.
Evans, 2008, Social Media Marketing, England: Pretince Hall Europe.
Ferdinand, 2002, Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen, Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Ghozali, 2018, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25, Edisi 9, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gusnadi, 2013, Analisis Pengaruh Harga, Daya Tarik Iklan, Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian, Journal Of Chemical Information And Modeling.
Hafisa, 2018, Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal “ Wardah “ (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia ) Skripsi Disusun Oleh : Nama : Dinda Yulia Hafisa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Skripsi.
Hair, 2010, Multivariate Data Analysis.Pdf, 7th Editio, New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Halim, 2014, Manajemen Pemasaran Jasa, In, Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents.
Kotler, 2005, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Jakarta: Indeks.
----------- , 2009, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.
Nasrullah, 2015, Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Perdana, 2019, Olah Data Skripsi Dengan Spss 22.
Pratiwi, Andi Lina, 2016, Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Pengguna Media Sosial Instagram (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah & Komunikasi).
Shimp, 2003, Periklanan Promosi & Asperk Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi 5, Jakarta: Erlangga.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan.
----------- , 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Tjondrokoesoemo, Marsellia, 2017, Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian, Volume 2.
Widoyoko, 2014, Tenik Penyusunan Instrumen Penelitian (Cet 2), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulandari, 2017, Pengaruh Penggunaan Endorsement Terhadap Omzet Penjualan Usaha Online Shop Di Palangka Raya, Pengaruh Penggunaan Endorsement Terhadap Omzet Penjualan Usaha Online Shop Di Palangka Raya, 1, Pp. 1–12.
Zaenal, 2021, Pengaruh Testimonial Terhadap Keputusan.
Zainurossalamia, 2020, Manajemen Pemasaran Teroti & Strategi, Hamdan (Ed.), Nusa Tenggara Barat: Forum Pemuda Aswaja.
Published
2023-04-30
Section
Articles