Dimensi Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kemudahan Mobile Banking atas Kepuasan Nasabah BRI Cabang Samarinda

  • Muhammad Suyudi Politeknik Negeri Samarinda
  • Yunus Tulak Tandirerung Politeknik Negeri Samarinda
  • Hanny Lestari Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 272 , Fulltext downloads: 267
Keywords: Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Kemudahan Mobile Banking, Kepuasan Nasabah

Abstract

Tujuan penelitian, untuk mengetahui dimensi mutu pelayanan, mutu produk kemudian juga kemudahan mobile banking atas kepuasan nasabah BRI cabang Samarinda. Penelitian meng­gunakan data primer dipe­ro­leh melalui kuesioner, diukur pakai skala likert. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data digunakan adalah uji validitas, uji relia­bilitas analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, uji R2 dengan mengguna­kan alat pengujian berupa program IBM SPSS Statistic 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) mutu layanan berpengaruh positif-signi­fi­kan atas kepuasan nasabah sejumlah 0,005. (2) mutu produk ber­pengaruh positif dan signifikan atas kepuasan nasabah sebesar 0,000. (3) kemudahan mobile banking berpengaruh positif-signifikan atas kepuasan nasabah sejumlah 0,016. (4) mutu pelayanan, kualitas produk, juga kemudahan mobile banking bersamaan (simultan) pengaruh signifikan atas kepuasan nasabah.

References

Adela, Melfi. (2020). Pengaruh Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Banak BNI Syariah PCK Rajabasa). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung, Indonesia.
Amir, M. (2003) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Peng¬guna Notebook Acer Pada PT. Genius Alva Makassar. 515–526.
Andi. (2017). Sistem Informasi Akuntansi Esensi & Aplikasi (TMBooks, ed.). Yogyakarta.
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
As'ad, M. (1991). Psikologi Industri. Ed 4, Yogyakarta: Liberti.
Barnes, J. G. (2003). Secret of Costumer Relat¬i¬onship Management. Andi: Yogyakarta.
Buchari, A. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Cet 1. Bandung: Alfabeta.
Durianto, D. (2004). Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Firmansyah, (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy) Cetakan 1. Jakarta: CV Penerbit Qiara Media.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multiva¬riate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Heizer, J and Render, B. (2004). Operations Mana¬¬ ¬ge¬ment, 7th Edition, Pearson Edu¬cation. Inc., Upper Saddle River, New Jersey
Https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=banking.
Ikatan Bankir Indonesia. (2013). Memahami Bisnis Bank Ed 1. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Ikatan Bankir Indonesia. (2014). Mengelola Kualitas Layanan Perbankan Ed 1. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelang¬gan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Jogiyanto. (2009). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta. Andi Offset.
Kartika, R.A. (2020) Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Minat Pegawai Menggunakan Mobile Banking. Institut Agama Islam Negeri Manado, Manado, Indonesia.
Kasmir. (2014). Manajemen Perbankan Cet 12. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kotler, P. (1997). Alih Bahasa; Alexander Sindoro, Penyunting; Benyamin Molan, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Jilid dua, Prenhalindo, Jakarta.
Kotler, P dan Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prin¬sip Pemasaran. Edisi.1 Jakarta: Erlangga
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pema¬saran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Ledesman, Mario. (2018). Pengaruh Manfaat, Keper¬cayaan, dan Kemudahan Peng¬gu¬naan Terhadap Minat Nasabah Meng¬guna¬kan Layanan Mobile Banking. Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung, Indonesia.
Lovelock, C. (2004). “Service Marketing”; Prentice Hall, New Jersey: fifth edition
Lupiyoadi dan Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba empat.
Mowen, J. C and Minor, M. (2002). Perilaku Kon¬sumen. Jilid 1 edisi 5. Erlangga Jakarta
O’Brien, David, and Detmar Straub. (2005). The Relative Importance of Perceived Ease of Use in IS Adoption: A Study of e-Com¬merce Adoption Journal of the association for information system, volume I, article 8, October 2005.
Oktafani, F dan Sigit, R. (2014). Pengaruh Kua¬litas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelang¬gan Pengguna Jasa Lapangan Futsal (studi kasus pada IFI Futsa Bandung). FEB Uni¬ver¬sitas Telkom, Bandung, Indonesia.
Prawirosentono, S. (2004). Filosofi Baru Ten¬tang Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta: Rineka Cipta.
Primasari, Destika. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk tabungan IB Hasanah Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BNI Syariah KCP Ungaran. Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Salatiga.
Priyatno, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS, Yogyakarta, Media¬kom.
Purnawati dkk. (2014). Akuntansi Perbankan Cet 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rangkuti, F. (2004). Manajemen Persediaan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Rao, Purba. (1996). Measuring consumer perception through factor analysis. The asianmanager. February-march, pp 28-23
Ratminto. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ratminto dkk. (2012). Manajemen Pelayanan Cet 10. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sebayang. (2017). Pengaruh Risiko, Kemuda¬han Penggunaan, Kepercayaan, Dan Elect¬ronic Word Of Mouth Terhadap Penggu¬naan Layanan Mobile Banking. Skripsi Univer¬sitas Lampung.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuan¬ti¬tatif. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri
Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Kuanti¬taif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidi¬kan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuanti¬ta¬tif, Kualitatif dan R&D Cet 23. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V.W. (2014). Metodologi Penelitian Cet 1. Yogyakarta: Pustaka BaruPress.
Tjini dan Baridwan. (2013). Pengaruh Keper¬cayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemu¬dahan, dan Persepsi Kenyamanan Ter¬hadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking.Vol 1, No 2: Semester Genap 2012/2013.
Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, F. (2007). Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset, Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2012). Service, Quality Satisfac¬tion. Jogjakarta: Andi Offset.
Umar, H. (2000). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Venkatesh, V. dan Davis, F.D. (2000). A Theo¬re¬tical Extension of the Technology Acce¬p¬tance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science 46-2
Widjana, Mahardika Aditya. (2010). Determi¬nan Faktor Penerimaan Terhadap Inter¬net Ban¬king Nasabah Bank di Surabaya, Tesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.
Published
2023-04-30
Section
Articles