Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Efektivitas Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua pada Kantor Samsat Bulungan Provinsi Kalimantan Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada kantor SAMSAT Bulungan Provinsi Kalimantan Utara, yang terdiri dari (a) keandalan informasi, (b) kenyamanan, (c) kepercayaan, (d) keamanan dan (e) fasilitas dalam meningkatkan efektivitas pembayaran pajak kendaraan bermotor. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan penyebaran kuisioner kepada responden yang merupakan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua pada Kantor SAMSAT Bulungan Provinsi Kalimantan Utara yang berjumlah 100 orang. Metode analisis data statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan bantuan IBM SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 6,679 yang lebih besar dari ttabel sebesar 1,660 dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.
References
Aidi, Nur1. (2012). Pengolahan dan analisis data hasil penelitian. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Indonesia, 10–11.
Awaluddin, Ishak1, Sitti Nurnaluri2, & Wa Ode Rahmi Damayanti3. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kendari. Jurnal Wacana Ekonomi.
Cahyadi1. (2019). Efektivitas Penerimaan Pajak Penerangan Jalan dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Pajak Daerah Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Institut Negeri Antasari Banjarmasin, 1, 21.
Endang, Astuti1. (2016). Pernyataan Indepen Variabel Dalam Penelitan Kuantitatif. Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Ghozali1. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hair1, et al2. (2014), Multivariate Data Analysis. International Journal Edition.
Hasiara, La Ode1, Sudarlan2 dan Ahyar Muhammad Diah3. (2019). Metode Penelitian Terapan Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Pendidikan Vokasi Khusus Humaniora. In CVI RDH. Malang.
Hidayat1. (2013). Harapan Pelanggan Terhadap Pelayanan Perbankan. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 2, 3.
Irwansyah1. (2014). Efektivitas Dan Kontribusi Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi di Pemerintah Daerah Kota Semarang). Semarang: CAPS (Center Of Academic Publishing Service), 2, 8.
Janah1. (2013). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. Surabaya.
Lubis, Alfi Syahri1 dan Nur Rahmah Andayani2 (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Journal of Business Administration.
Mardiasmo1. (2013). Dasar-dasar Perpajakan. Andi. Yogyakarta.
Mardiasmo1. (2018). Perpajakan. Andi. Yogyakarta.
Nurlaela1 dan Lina2. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak da Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kabupaten Garut. Jurnal Ekonomi AKuntansi.
Parasuraman1, Zeithaml2 dan Berry3. (2017). Model Kualitas Pelayanan Jasa. Journal Of Marketing, 2, 14.
Soemitro, Rochmat1. (2016). Pengantar Singkat Hukum Pajak. Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia, 2, 4.
Patabang, Lewi1, Rahmawati Fitriana2 dan Yongky Weldy3 (2019). Analisis Kontribusi Sumber Pendapatan Asli Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Samarinda (Studi Kasus Pada Bapenda Kaltim). Jurnal Eksis Akuntansi Polnes, 15, 90.
Santos, Pedrito Dos1, Andy Fefta Wijaya2, dan Hermawan3. (2015). Efektivitas Pelayanan Dan Pengawasan Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 4, 2.
Sampeallo, Yulius Gessong1 dan Noor Fachman Tjetje2. (2016). Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Samarinda. Jurnal Eksis Akuntansi Polnes, 12(1), 3289–3294.
Sampeallo, Yulius Gessong1 dan Rofiqah2. (2018). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pelanggan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Jurnal Bidang Akuntantasi, Bisnis, Administrasi Dan Humaniora, 1, 161.
Samudra, Azhari Aziz1. (2015). Perpajakan di Indonesia. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang 7, 38.
Sugiyono1. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Sunyoto1. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Refika Aditama. Bandung.
Wahyuni1. (2017). Analisis Perkembangan Kemampuan Keuangan Daerah Dalam Mendukung Pelaksanaan Otonomi Daerah Di Kabupaten Gowa. Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
Surjono1. (2016). Peranan Administrasi Perpajakan Dalam Meningkatkan Efektivitas Pemeriksaan Pajak Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I Bandung. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 853.
Yoga, Arnanto1. (2017). Pengaruh Pemahaman dan Pengetahuan Wajib Pajak tentang Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada SAMSAT Kota Semarang). (Vol. 2, p. 14).
Zulfikar1, Nyoria Anggraeni Mersa2, Annisa Putri3 dan Febby Veronika Tjong4. (2021). Pengaruh Nilai Pelanggan, Kedekatan Emosional Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bankaltimtara Unit Usaha Syariah Samarinda. Jurnal Eksis Akuntansi, 17, 65.