Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan, Gaya Hidup dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi Gojek di Samarinda
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi, kualitas layanan, gaya hidup, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap keputusan menggunakan aplikasi Gojek di kota Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada seluruh masyarakat Samarinda dengan jumlah sampel sebesar 117 responden menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda dengan alat analisis Statistical Product and Service Solutions versi 20. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel promosi, kualitas layanan, dan persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan aplikasi Gojek di kota Samarinda. Sedangkan variabel gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan aplikasi Gojek di kota Samarinda. Pada hasil pengujian secara simultan variabel promosi, kualitas layanan, gaya hidup, dan persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan aplikasi Gojek di kota Samarinda.
References
Arianty. (2016). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian.
Davis, F. D. (1989). Davis, Fred D. “Perceived Usefulness, Pe.pdf. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology., 13(3), 22. https://doi.org/10.2307/249008
Farisi, S., & Romula Siregar, Q. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941
I Gede Prayudi, I Putu Gde Sukaatmadja, Ni Nyoman Kerti Yasa, I Gusti Ayu Ketut Giantari, Ms. (2022). Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kegunaan untuk Membangun Kepercayaan dan Niat Menggunakan Kembali Layanan Mobile Banking. (Rintho R. Rerung (ed.)). Media Sains Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/A_Studi_Persepsi_Kemudahan_Penggunaan_da/F5GIEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Kiram, M. R. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Promosi Dan Persepsi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah (Studi Pada Pt. Bni Syariah Kantor Cabang Banda Aceh). February, 6.
Mulyana, M. (2019). Inisiasi VIII Strategi Promosi dan Komunikasi.Materi Tutorial Online Ekma 4216 Manajemen Pemasaran, 57–63.
Nursea, D. (2022). Pengaruh Persepsi Kepercayaan , Persepsi Risiko , dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Niat Pembelian Secara Online pada Konsumen di Kota Bengkulu. 31(02), 18–30.
Parmitasari, R. D. A., Alwi, Z., & S., S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar.Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 147. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.5699
Purboyo, Sri Hastutik, Gusti Putu Eka Kusuma, Acai Sudirman, Suwandi S. Sangadji, Aditya Wardhana, Riana Dewi Kartika, Erwin, Nur Hilal, Syamsuri, Silfiena Siahainenia, N. M. (2021). Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual dan Praktis (M. M. Dr. Hartini, S.E. (ed.)). Media Sains Indonesia.
Rahma; Bela Pratiwi. (2021). Analisis Faktor-faktor Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Ojek Online. 1–8.
Safura Azizah, N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial.Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 92–101.
Simbolon, N. (2020). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandmi.Educare, 14–19.
Siregar, Q. R., & Simatupang, J. (2022). The Influence of Financial Knowledge, Income, and Lifestyle on Financial Behavior of Housewives at Laut Dendang Village.Journal of International Conference Proceedings (JICP), 5(2), 652–660.
Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pt. Go-Jek).Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 67–81. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.91
Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa oleh Fandy Tjiptono.pdf (p. 265). Andi.