Modifikasi Perencanaan Jembatan Mahakam 4 Di Kota Samarinda Menggunakan Model Cable Stayed

  • Budi Nugroho Politeknik Negeri Samarinda
  • Sujiati Jepriani Politeknik Negeri Samarinda
  • Salim Juniardi Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 215 , PDF downloads: 172
Keywords: Bridge cable stayed, SAP200, Pylon Bridge, Pylon Peak

Abstract

Jembatan Kembar Mahakam IV adalah jembatan tipe Arch atau pelengkung baja yang berada tepat bersebelahan dengan Jembatan Mahakam I.  Jembatan Kembar Mahakam IV dibangun untuk mengurai kemacetan yang terjadi setiap harinya di Jembatan Mahakam I. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan bentuk struktur jembatan Mahakam IV dengan model konstruksi cable-stayed, menghitung pembebanan pada jembatan cable-stayed, dan merencanakan perhitungan struktur atas jembatan yang meliputi Pylon dan Cable. Metode penelitian dimulai dengan tahapan perencanaan, teori dan standar rujukan yang digunakan berdasarkan SNI 1725:2016 Pembebanan untuk jembatan dan SNI 2833:2016 tentang perencanaan jembatan terhadap beban gempa. Setelah itu pemodelan struktur jembatan, penginputan data beban dan material serta analisis pembebanan dihitung menggunakan program SAP2000 V.20. Hasil penelitian ini adalah dari perencanaan struktur atas jembatan di dapat gaya pada rasio tegangan kabel maksimun sebesar 13054.185 kN yang terjadi di segmen 5, kombinasi Kuat 1 dengan tegangan izin ≤ 0,45 fpu dinyatakan memenuhi persyaratan penarikan kabel, perencanaan pilon yang menggunakan rumus Troitsky didapat tinggi pilon yaitu 70 meter dan gaya lendutan terbesar pada puncak pilon full segmen sebesar 0.085957 m < 0.088 pada Kombinasi Kuat 1 di sumbu X dengan lendutan izin H/800 dinyatakan memenuhi persyaratan.

Author Biographies

Sujiati Jepriani, Politeknik Negeri Samarinda

Jurusan Teknik Sipil

Salim Juniardi, Politeknik Negeri Samarinda

Jurusan Teknik Sipil

References

Alrasyidi, Tavio, dan Masiran. (2017). Desain Modifikasi Struktur Jembatan Kalipepe dengan Asymmetric Cable Stayed System danPrestressed Concrete Segmental Box Girder. Jurnal Teknik ITS.

A.M.S. Freire, J.H.O. Negrao, A.V. Lopes. (2006). Geometrical nonlinearities on the static analysis of highly flexible steel cable-stayed bridges. Elsevier.

Alfiannur, Purwanto dan Syahrul. (2018). Perencanaan Struktur Jembatan Cable Stayed Dengan Two Vertical Planes System Tipe Fan (Study Kasus Jembatan Kembar Mahakam IV).

Anggraeny, S. (2017, Januari). Modifikasi Perencanaan Jembatan Sungai Brantas Pada Ruas Jalan Tol Solo-Kertosono Menggunakan Sistem Cable Stayed Dengan Single Vertical Plane Semi-Harp. Surabaya, Jawa Timur, Institut Teknologi Sepuluh November.

Budiono, B. (2012). S1 6122 Rekayasa Jembatan. Bandung, Jawa Barat, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung: ITB Press.

Chen & Duan. (2014). Superstructure Design. y Taylor & Francis Group.

Fajar, A. (2016). Perencanaan Struktur Jembatan Asymmetrical Cable-Stayed Ngrame II Mojosari-Mojokerto Dengan Two Vertical Planes System. ITS, 1-18.

Gimsing, N. J. (1983). Cable Supported Bridges Concept and Design. Awiley - Interscience Publication.

Haldania, R. (2007). Cable Stayed Bridges . Mumbai: Hindustan Construction Company.

Ilmi, L. Z. (2016, Mei). Studi Perencanaan Struktur Atas Jembatan Grobogan Lumajang (Km Surabaya 132+240) Dengan Sistem Cable Stayed. Jember, Jawa Timur, Universitas Jember.

Juvani & Lipponen. (2012). Cable Stayed Bridge. Espoo, Finlandia: Aalto University.

Karyamarga, P. A. (2002). Jembatan Mahkota II. Samarinda: PT. Agrabudi Karyamarga.

Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat. (2015). Pedoman Perencanaan Teknis Jembatan Beruji Kabel. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat.

Nasional, B. S. (2016). Standar Pembebanan Untuk Jembatan. Badan Standarisasi Nasional.

Neils J. Gimsing, Christos T. Georgakis. (2012). Cable Supported Bridges. John Wiley & Sons, Ltd.

Nugraha, R. (2017, Januari). Desai Alternatif Jembatan Musi III Menggunakan Sistem Multi-Span Cable-Stayed Dengan Fishbone Model . Surabaya, Jawa Timur, Institut Teknologi Sepuluh November

Published
2023-04-02