ANALISA GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU JL. LONG PAHANGAI – TIONG OHANG STA. 0+000 – STA. 5+339 KAB. MAHAKAM ULU KALIMANTAN TIMUR

  • Muhammad Rizky POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Ibayasid POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Pramono POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
Abstract views: 6 , Fulltext downloads: 6
Keywords: geometrik jalan, Long Pahangai-Tiong Ohang, perkerasan kaku

Abstract

Kondisi geometrik Jalan Long Pahangai – Tiong Ohang terdapat banyak tikungan dan tanjakan di sepanjang STA. 0+000 hingga STA. 5+339. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kondisi jalan di lapangan sesuai dengan teori. Setelah dianalisis dan dihitung mengenai geometrik jalan yang tepat, maka data-data tersebut dipergunakan untuk menganalisa tebal lapis perkerasan kaku pada jalan tersebut. Hasil analisa menyatakan bahwa beberapa tikungan dan tanjakan pada Jalan Long Pahangai – Tiong Ohang dari STA. 0+000 hingga STA. 5+339 ada yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tebal perkerasan yang ada pada jalan tersebut memiliki tebal 20 cm yang merupakan batas terendah dari tebal perkerasan kaku.

References

Perkerasan, viewed 17 Maret 2016, http://dokumen.tips/documents/perencanaan-tebal-perkerasan.html.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, viewed 23 Maret 2016 http://id.scribd.com/mobile/doc/172454751/Pedoman-Bina-Marga-1997-Tata-Cara-Perencanaan-Geometrik-Jalan-Antar-Kota-No-038-TBM-1997.

Shirley, L.H, 2000, Penuntun Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya, Politeknik Negeri Bandung, Bandung.

Murdieono, A, 2013, Pengertian Jalan Raya, viewed 17 Maret 2016, www.academia.edu/6477599/Pengertian_jalan_raya.

Sutanto, R (ed.), 2012, Penerapan Geometrik Jalan Raya, Wikibooks, wiki article, viewed 17 Maret 2016 https://id.wikibooks.org/wiki/Penerapan_Geometrik_Jalan_Raya/Definisi.

Syahputra, R, 2010, Perkerasan Kaku, viewed 17 Maret 2016, http://rezaslash.blogspot.co.id/2012/12/perkerasan-kaku-rigid-pavement.html.
Published
2024-04-29