ANALISA PENURUNAN KONSOLIDASI METODE PRELOADING DENGAN DAN TANPA PREFABRICATED VERTICAL DRAIN (PVD) PADA PROYEK JALAN TOL BALIKPAPAN – SAMARINDA SEGMEN LIMA STA 20+375

  • Syahrul Khoirudin Satindra POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Muhammad Ridwan POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Priyo Suroso POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
Abstract views: 0 , Fulltext downloads: 0
Keywords: soft clay soils, soil decreased, preloading methods, prefabricated vertical drain (PVD), PLAXIS

Abstract

Jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan bebas hambatan yang dibangun untuk meningkatkan konektivitas dan mengurangi waktu tempuh antara kedua kota tersebut. Namun, pada segmen lima yang terletak di km. 36 Kecamatan Samboja diketahui bahwa kondisi tanah pada area tersebut didominasi tanah lempung lunak. Tanah lempung lunak cenderung memiliki potensi waktu penurunan yang cukup lama karena permeabilitasnya yang sangat rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan perbaikan tanah lunak dengan mengkombinasikan metode preloading dengan prefabricated vertical drain (PVD), sehingga proses penurunan dapat dipercepat secara signifikan. Tujuan studi ini adalah untuk menghitung besar dan lamanya waktu penurunan tanah asli dan metode preloading dengan dan tanpa PVD, serta mengetahui pola pemasangan PVD yang paling efisien terhadap waktu penurunan dengan jarak yang bervariasi. Studi kali ini menggunakan cara manual dan dengan program PLAXIS.

Dari hasil perhitungan secara manual diperoleh besar penurunan tanah asli ialah 1,037 m dan dengan metode preloading tanpa PVD ialah 1,370 m dengan lama waktu penurunan ialah 22,069 tahun. Sedangkan waktu penurunan dengan PVD dengan pola dan jarak yang berbeda ialah dari rentang waktu 2-4 bulan lamanya. Selain itu, dari hasil perhitungan PLAXIS dengan waktu yang sama dengan perhitungan manual diperoleh besar penurunan yang tidak begitu jauh dengan hasil perhitungan secara manual. Dari hasil perhitungan juga diketahui bahwa pola segitiga merupakan pola yang paling efisien dari segi waktu penurunan.

References

Ahmad, R., (2016), Modul Ajar Analisa Stabilitas Lereng. Samarinda: Jurusan Teknik Sipil Program Studi Rekayasa Jalan dan Jembatan Politeknik Negeri Samarinda.

Craig, R. F., (1989), Mekanika Tanah, Edisi Keempat (Soepandji, B. S., Penerjemah). Jakarta: Erlangga.

Das, B. M., (1995), Mekanika Tanah : Prinsip – Prinsip Rekayasa Geoteknis Jilid 1 (Noor Endah & Indrasurya, B.M., Penerjemah). Jakarta: Erlangga.

Google Maps, (2018), Peta Lokasi Kegiatan Proyek. Diakses tanggal 03 Maret 2018. https://www.google.co.id/maps/@1.0171305,116.9761666,4899a,35y,305.58h,1.89t/data=!3m1!1e3?hl=en.

Hardiyatmo, H.C., (2002), Mekanika Tanah II, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hardiyatmo, H.C., (2008), Geosintetik untuk Rekayasa Jalan Raya, Edisi Pertama. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hidayati, A.M. dan Ardana, M.D.W., (2008), Kombinasi Preloading dan Penggunaan Pre-fabricated Vertical Drains untuk Mempercepat Konsolidasi Tanah Lempung Lunak. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 12, No. 2, 187 – 195.

Julius, (2013), Analisa Perbandingan Perhitungan Vacuum Preloading Dengan Program PLAXIS 2D dan Perhitungan Manual Dengan Data Aktual Lapangan.Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

Lambe, T. W. and Whitman, R. V., (1969), Soil Mechanics. New York: John Wiley & Sons.

Maspanji, D.A., (2016), Prediksi Penurunan Metode Asaoka Pada Tanah Lunak Yang Diperbaiki Dengan Prefabricated Vertical Drain (Studi Kasus Timbunan Pada Jalan Tol Pejagan – Pemalang). Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta.

Pasaribu, T.H., (2012), Analisa Penurunan Pada Tanah Lunak Akibat Timbunan (Studi Kasus Runway Bandara Medan Baru). Jurnal Teknik Sipil USU, Vol. 1, No. 2.

PLAXIS b. v., (2007), PLAXIS Version 8 Material Models Manual, Netherlands: A.A. Balkema Publishers.

Rudiansyah, (2015), Analisis Penurunan (Settlement) Tanah Lunak Dengan Pre-fabricated Vertical Drain (PVD) Menggunakan Program PLAXIS 2D 2012 (Studi Kasus : Pembangunan Port Coal Terminal, di Lubuk Tutung, Kalimantan Timur). Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Universitas Mercu Buana, Jakarta.

Santoso, K., (2010), Analisis Soil Improvement Tanah Bekas Tambak Proyek Stadion Utama Surabaya Barat dengan System PVD dan PHD. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Mercu Buana, Jakarta.

Siregar, J.A., (2017), Analisis Perbaikan Tanah Lunak Akibat Pengaruh Penggunaan PVD dan Geotekstil Dengan Menggunakan Metode Analitik dan Metode Elemen Hingga (Studi Kasus Proyek Jalan Bebas Hambatan Medan-Kualanamu KM 35+622,42). Bidang Studi Geoteknik, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sosrodarsono, S. & Nakazawa, K., (2000), Mekanika Tanah & Teknik Pondasi, Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Sunggono, K.H., (1984), Buku Teknik Sipil. Bandung: Nova.

Winner, D., (2017), Perbaikan Tanah Dasar Menggunakan Pre-fabricated Vertical Drain Dengan Variasi Kedalaman dan Perkuatan Lereng Dengan Turap. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Yunita, D.E., (2013), Analisa Penurunan Konsolidasi Pada Tanah Lempung Akibat Berat Timbunan Pada Proyek Lanjutan Iriasi Kota Bangun. Kurva S, Vol. 1, No. 2, 1203-1214.
Published
2024-04-29