PENGARUH PENGGUNAAN CRUMB RUBBER DENGAN MATERIAL PALU DAN FILLER BATU LATERIT TERHADAP NILAI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA ASPHALT CONCRETE – BINDER COURSE (AC-BC)

  • Rahmat Mulyadi Politeknik Negeri Samarinda
  • M. Hidayat Politeknik Negeri Samarinda
  • Karminto Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 2 , fulltext downloads: 2
Keywords: Crumb Rubber, filler batu laterit, KAO

Abstract

Aspal Concrete – Binder Course ( AC-BC ) adalah Lapisan yang berguna  untuk meneruskan beban menuju ke pondasi. Untuk meningkatkan sifat fleksibilitas, salah satunya dengan penggunaan Crumb Rubber berasal dari limbah ban ukuran lolos saringan No. 4 (4,75 mm) sebagai bahan Tambah. Penelitian ini bertujuan mengetahui kadar aspal optimum campuran AC-BC dan mengetahui pengaruh penambahan Crumb Rubber dan filler batu laterit terhadap nilai karakteristik Marshall serta nilai kadar optimum penambahan crumb rubber pada campuran AC-BC. Tahapan awal penelitian mencari Kadar Aspal Optimum (KAO), kemudian dilakukan penambahan Crumb Rubber kadar 0%, 2%, 4%, 6%, dan 8% terhadap total berat benda uji dan filler batu laterit dengan kadar 5 %. Hasil penelitian didapatkan nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) sebesar 5,4 % dan Nilai stabilitas, VMA, dan MQ tertinggi didapat pada kadar crumb rubber 2 % adalah 1111 kg dan 16,66%, nilai flow tertinggi pada kadar 8 % adalah 13,18 mm, nilai VIM tertinggi pada kadar 4 % adalah 4,96%. Nilai optimum yang dapat digunakan dalam campuran AC-BC adalah 2%. Penggunaan crumb rubber pada campuran AC-BC mampu menahan kelelehan plastis lebih baik dari campuran aspal konvensional.

References

Apriani W, & Silfiani, 2003, Karakteristik Marshall Dan Evaluasi Kadar Aspal Optimum Campuran Hot Rolled Sheet Dengan Serbuk Ban Bekas Sebagai Bahan Tambah, Skripsi, Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Institut Teknologi, Bandung.

Cut Khairani, D, E, Sofyan, M, S & Sugiarto, 2018, Uji Marshall Pada Campuran Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC) Dengan Ban Bekas Tambahan Parutan Ban Bekas, Jurnal Teknik Sipil Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 1 (3) : 559-570.

Faisal, Sofyan, M, S& Isya, M, 2004, Karakteristik Marshall Campuran Aspal Beton AC-BC Menggunakan Material Agregat Basalt Dengan Aspal Pen. 60/70 dan Tambahan Parutan Ban Dalam Bekas Kendaraan Roda 4, Jurnal Teknik Sipil Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3 (3) : 38-48.

Julian, L, E, 2005, Recycling of Ground Tyre Rubber and Polyolefin Westes by Producing Thermoplastic Elastomer, Genehmigte Dissertation, Technischen Universitas Kaiserslautem zur Erlangung des akademischen Grades, Argentina.

Purnomo W, Evaldo B, & Suparma, L, B, 2014, Pemanfaatan Crumb Rubber (Tyre Rubber) Sebagai Aditif Pada Aspal Modifikasi Polimer, FSTPT International Symposium Jember University.

Ridho, A, N, 2012, Perencanaan Campuran aspal Porus Terhadap Karakteristik Marshall Dan Kuat Tarik Tidak Langsung Dengan Serbuk Ban Bekas Sebagai Pengganti Agregat Halus, Skripsi, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Subaganta, B, 2012, Pengaruh Penambahan Serbuk Ban Bekas Terhadap Kinerja Campuran Aspal Panas Jenis Hot Rolled Sheet (HRS), Jurnal Penelitian Dosen Fakultas Teknik Universitas Darwan Ali, 2.

Sugiyanto, G, 2008, Kajian Karakteristik Campuran Hot Rolled Asphalt Akibat Penambahan Limbah Serbuk Ban Bekas, Jurnal Teknik Fakultas Sains dan Teknik UNSOED Purwokwerto, 8 (2) : 91 - 104.
Published
2024-04-30