Analisa Kebutuhan Ruang Parkir Hotel Mercure, Mall City Centrum, Dan Hotel Ibis Kota Samarinda

  • Bernadeta Leng Hong Bong POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • H. Ibayasid POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Rafian Tistro POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
Abstract views: 1 , Fulltext downloads: 0
Keywords: Karakteristik Parkir, Regresi Linier, Pola Parkir, Kendaraan

Abstract

Pusat bisnis dan perbelanjaan saat ini semakin maju dan meningkat dengan adanya tempat-tempat modern mengikuti tren terkini banyak perkembangan yang diikuti untuk kemajuan ekonomi seperti munculnya pusat-pusat bisnis disetiap kota, terkhusus Kota Samarinda. Dengan adanya aktivitas yang dilakukan di area Hotel Mercure, Mall City Centrum, dan Hotel Ibis sehingga sangat berpengaruh adanya ketersediaan lahan parkir untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung selama meninggalkan kendaraan di ruang parkir.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis karakteristik parkir dan regresi linier sederhana yang menghubungkan antara kapasitas yang tersedia dengan kebutuhan daya tampung pada area parkir.

Hasil dari penelitian ini menunjukan kapasitas parkir tertinggi untuk mobil terjadi pada hari rabu yaitu 345 kendaraan untuk ruang P1, P2A, dan P2B dan 124 kendaraan untuk ruang P3, P4, dan P5 dengan kebutuhan yang tertinggi 1377 kendaraan. Sedangkan untuk area parkir motor kapasitas tertinggi terjadi pada hari sabtu yaitu 859 kendaraan dengan kebutuhan yang tertinggi 1158 kendaraan. Durasi penggunaan ruang parkir selama 18 jam penelitian paling lama terjadi pada hari senin yaitu 12,31 jam/kendaraan untuk mobil dan 12,23 jam/kendaraan untuk motor. Pola parkir yang digunakan adalah pola parkir sudut 90° untuk mobil maupun motor.

References

Ahmad Munawar. (2004). Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Yogyakarta : Penerbit Beta Offset.
Departemen Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Darat. (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir Keputusan Direktorat Jendral Perhubungan Darat Nomor 272/HK.105/DRJD/96. Jakarta
Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkatan Kota, Direktorat Jendral Perhubungan Darat. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta
Hobbs, F.D. (1995). Perencanaan Transportasi Perkotaan. Yogyakarta : Gadjah Mada Press.
Irawan, Beni. 2013. Analisis Karakteristik Parkir Pada Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Mahasiswa Teknik UPP.
Kota Samarinda. 2015. Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 tentang Izin Pengelolaan dan Penataan Parkir. Pemerintah Kota Samarinda: Samarinda.
Kurniawan, Septyanto. (2018). Analisis Kapasitas Parkir Kendaraan Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Metro. Tapak, Vol 7.
Leihitu, Donny Dwy Judianto. (2021). Analisis Kebutuhan Ruang Parkir (Studi Kasus Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah). Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan, Vol 1.
Metaphoraanalogia.com (2018). Perancangan Tapak. Diakses pada 10 Februari 2022, dari https://metaphoraanalogia.wordpress.com/perancangan-tapak1/
Numberi, J. Johni. Bahtiar, Petrus. & Numberi P. Amos. (2020). Analisis Karakteristik Parkir terhadap Kebutuhan Ruang Parkir di Pasar Central Hamadi Kota Jayapura. Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Inovasi. Vol 3, 57-70.
Pradana, M. Fakhruriza. (2018). Analisis Pengaturan Pola Parkir Dan Kebutuhan Parkir (Studi Kasus Stasiun Tangerang). Jurnal Fondasi, Vol 7.
Rosdiyani, Telly (2016). Kajian Kebutuhan Ruang Parkir Sebagai Pengendalian Lalu Lintas di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sudiman. (2018). Analisa Tarikan Perjalanan Dan Kebutuhan Parkir Pada Halaman Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Vol 1
Syarifuddin, Fauziah. (2017). Kebutuhan Ruang Parkir Pada Rumah Sakit Bhayangkara Di Kota Makassar.
Tamin, O.Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Penerbit ITB. Bandung.
Wanggara, Iyangga. (2020). Analisi Perhitungan Kapasitas Parkir Dan Aspek Finansial Pemasangan Parkir Meter Di Institut Teknologi PLN. Skripsi. Institut Teknologi PLN.
Winayati. (2019). Analisis Kebutuhan Areal Parkir Gedung Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning. Siklus: Jurnal Teknik Sipil, Vol 5
Published
2024-04-30