PENGUKURAN TOPOGRAFI UNTUK PENGEMBANGAN PERUMAHAN BUMI PRESTASI KENCANA (SEGMEN 2) JALAN H.M. RIFFADINKOTA SAMARINDA

  • Soni Marselino Politeknik Negeri Samarinda
  • Rafian Tistro Politeknik Negeri Samarinda
  • Ibayasid Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 1 , fulltext downloads: 1
Keywords: Total station, Poligon tertutup, Peta, Galian, Timbunan.

Abstract

Survey atau Pengukuran merupakan suatu kegiatan pengumpulan data yang berhubungan dengan pengukuran permukaan bumi dan di gambarkan melalui peta atau digital.Metode yang digunakan pada pengukuran ini ialah metode polygon tertutup untuk batasan areanya serta polygon terbuka untuk detail konturnya, yang membedakan dari keduanya adalah jika titik awal dan titik akhir mempunyai nilai yang sama maka dikatakan polygon tertutup dan jika titik awal dan titik akhir tidak sama maka dikatakan polygon terbuka. Alat yang digunakan pada pengukuran ini menggunakan alat Total Station.Total Station adalah suatu alat ukur (sudut dan jarak) survey digital elektronik yang mampu memberikan data yang dibutuhkan di lapangan. Dari pengukuran yang telah dilakukan pada pengembangan perumahan bumi prestasi kencana di Jalan H.M.Riffadin kota Samarinda (Segmen 2) yaitu 57285,234 m² atau 5,729 Ha dengan keadaan medan kontr yang berbukit-bukit.Hasil dari pengukuran ini digambarkan dalam bentuk SitePlan Perumahan dengan berbagai type rumah dan bangunan pelengkap lainnya.

References

Badan Pusat Statistik.(2014). Samarinda dalam angka [Online] website: https://samarindakota.bps.go.id/statictable/2016/08/12/8/indeks-pembangunan-manusia-ipm-kabupaten-kota-di-provinsi-kalimantan-timur-2011-2014.html. [Diakses Tanggal: 19 Juni 2018].

Farhan, Muhammad. (2014). Sejarah Ukur tanah. Jakarta.

Muda, Iskandar.(2008).Buku Ajar SMK Jurusan Survey dan pemetaan Jilid I.

Russel, Paul R.Wolf & Djoko Walijatun. (1997).Dasar-dasar Pengukuran Tanah.Edisi Ketujuh jilid 1 dan 2. Samarinda: Erlangga.

Wongsotijitro, Soetomo. (1980).Ilmu Ukur Tanah. Samarinda: Kanisius.
Published
2024-05-02