PERANCANGAN SALURAN PEMBAWA JARINGAN IRIGASI POMPADAERAH IRIGASI BENGALUN KABUPATEN MALINAUKALIMANTAN UTARA

  • Klaudia Anbaratih Politeknik Negeri Samarinda
  • Tommy Ekamitra Sutarto Politeknik Negeri Samarinda
  • Haidah Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 0 , fulltext downloads: 0
Keywords: Evapotranspirasi, Jaringan Irigasi, Debit Andalan, Saluran, Pompa.

Abstract

Perencanaan jaringan irigasi di Daerah Bengalun dibuat agar seluruh daerah pertanian mendapat pasokan air yang cukup sehingga tidak ada pertanian yang tidak mendapat air. Perhitungan ini bertujuan untuk menentukan nilai evapotranspirasi (Eto) dari padi sawah, nilai debit yang dapat diandalkan (Q80) dari Sungai Bengalun, kebutuhan air irigasi (DR), dimensi saluran pembawa yang direncanakan, serta kapasitas pompa. Data untuk perhitungan meliputi data peta lokasi, data curah hujan, data klimatologis, rencana skema jaringan irigasi, dan terakhir pengukuran sungai pasang surut. Debit andalan (Q80) yang tersedia di Sungai Bengalun rata-rata adalah "6172,18 L / detik". Berdasarkan debit andalan yang tersedia di Sungai Bengalun, area yang dapat diterapkan untuk pola penanaman optimal dan jadwal padi-padi-palawija masing-masing adalah 3248,35 ha, 2185,13 ha, dan 12530,75 ha masing-masing dengan rekomendasi waktu mulai tanam. awal Maret dan kebutuhan air irigasi (DR) adalah "1,65 L / detik". ini memiliki 3 jaringan saluran primer dan 18 saluran sekunder dengan total panjang 10830,53 m. Bahan yang digunakan untuk saluran adalah beton bertulang. Berdasarkan analisis, kapasitas rata-rata yang diperoleh "0,125 m3 / detik", dan juga jumlah pompa yang akan dipasang adalah 55 buah.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Malinau. (2018). Kabupaten Malinau Dalam Angka 2018. Malinau: BPS Kabupaten Malinau.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. (2013). Standar Perencanaan Irigasi (Kriteria Perencanaan Jaringan Irigasi KP-01). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. (2013). Standar Perencanaan Irigasi (Kriteria Perencanaan Saluran KP-03). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. (2013). Standar Perencanaan Irigasi (Bagian Penunjang). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Effendy. (2012). Desain Saluran Irigasi. Pelembang: Jurnal Teknik Sipil, Volume 7, No 2.

Hansen, Vaughn. E. (1992).Dasar-dasar dan Praktek Irigasi. Terjemahan oleh Endang Pipin. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sidharta, S.K. (1997). Irigasi dan Bangunan Air. Jakarta: Gunadarma.

Sularso dan Tahara, H. (2000).Pompa dan Kompresor. Jakarta: PT Pradnya Paramita.
Published
2024-05-02