Penanganan Kerusakan Melintang Pada Perkerasan Kaku Paket I.4 – Pembangunan Jalan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang

  • Tisara Sita Balai Pelaksanaan Jalan Nasional
  • Okkie Putriani Universitas Atma Jaya
Abstract views: 54 , Fulltext downloads: 92
Keywords: perkerasan kaku, retak, penanganan

Abstract

Pembangunan Jalasan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang menghubungkan jalan di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang dengan jalan nasional atau jalan Pantai Utara (Pantura) serta jalan kabupaten. Pada proyek tersebut terdapat pekerjaan pekerasan kaku yang telah dilaksanakan. Seiring berjalannya waktu terdapat beberapa kondisi yang terjadi dalam setiap pekerjaan. Salah satunya terjadinya kerusakan material jalan.Retak melintang (transverse cracking), retak yang terjadi pada arah lebar perkerasan dan hampir tegak lurus sumbu jalan atau arah penghamparan. Retak melintang biasanya tidak terkait dengan beban lalu lintas. penyusutan lapis beraspal atau karakteristik aspal dan temperatur, bukan akibat beban lalu lintas. Kasus kerusakan retak melintang (transversal cracking) pada Proyek Paket I.4 Pembangunan Jalan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang terjadi pada (STA 6+685 L2) dilakukan penanganan dengan menggunakan PCC Joint and Crack Sealing dan Dowel Retrofitting. Sedangkan pada (STA 0+465 R2) dilakukan penanganan dengan menggunakan PCC Joint and Crack Sealing dan Partial Depth Repair.

Author Biography

Tisara Sita, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional

Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah – Daerah Istimewa Yogyakarta, Jl. Soekarno-Hatta km 26, Karangjati, Kab. Semarang, Semarang, Jawa Tengah 50269, Indonesia

References

Darmawan, R., & Lizar, L. (2020). Perencanaan
Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Menggunakan Metode Bm-2017. Jurnal Tekla, 2(2), 97–103. Diambil dari http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/tekl a/article/view/1823

Dewi, K. (2023). Perbandingan Rigid Pavement Dan
Flexible Pavement Dengan Subgrid Menggunakan Metode Bina Marga 2017. Jurnal Impresi Indonesia, 2(7), 687–700. https://doi.org/10.58344/jii.v2i7.3202

Elianora, E., & MM, H. S. (2021). Analisis Kerusakan Jalan Datuk Setia Maharaja Pekanbaru Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci). Jurnal TeKLA, 3(2),
66–71. Diambil dari http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/tekl a/article/view/2298

Hasan, M., & Sobhan, M. A. (2020). Highway
Failure and Their Maintenance: A Study of Rajshahi Metropolitan City, Rajshahi, Bangladesh. International Journal of Sustainable Transportation Technology, 3(2), 45–50. Diambil dari https://unijourn.com/article/5ef372d38225e
0316994e53f/5ae99ad07348a8567766abe2/2.html

Kuswantoro, A. F., & Ratnaningsih, D. (2023).
Analisis Penanganan Kerusakan Jalan
Nasional Panarukan Kabupaten Situbondo Dengan Metode Bina Marga 2011 Dan Aastho 1993. Jurnal Online Skripsi Manajemen Rekayasa Konstruksi (JOS- MRK), 4(1), 118–123. Diambil dari http://jurnal.polinema.ac.id/index.php/jos- mrk/article/view/1195

M Tito Kurniawan, S. T., & ST, L. H. T. (2022).
Pemilihan Metode Penanganan Yang
Efektif Pada Struktur Jalan Pekerasan Kaku
(Rigid Pavement) Berdasarkan Surat
Edaran NO. 09/SE/Db/2021. Prosiding KRTJ-HPJI, 9–9. Diambil dari https://proceeding.hpji.or.id/index.php/test/ article/download/128/112

Mukhyar, M. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Jalan pada Jalan Lingkungan Pemukiman Di Jalan By Pass Kota Rantau (PhD Thesis, Universitas
Islam Kalimantan MAB). Universitas Islam Kalimantan MAB. Diambil dari http://eprints.uniska-bjm.ac.id/9446/

Nugraha, S. B., Aji, A., & Fauzia, H. (2023). Kajian
Kesiapan Pemerintah Daerah Kabupaten Batang Dalam Menghadapi Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. Inovasi, 20(1), 33–
40. Diambil dari http://jurnal.bappelitbang.sumutprov.go.id/i ndex.php/inovasi/article/view/570

Prasojo, G., & Narendra, A. (2023). Analisis
Perbandingan Tebal Perkerasan Kaku Dan Perkerasan Lentur Metode Mdpj 2017. Jurnal Teknik Sipil, 14(1), 1–13. Diambil dari https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/ detail/3435459

Saragih, D. S., Purba, V. E., & Sipayung, R. (2022).
Peningkatan Jalan Menggunakan
Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Provinsi Parsoburan–Bts. Labuhan Batu Utara Kab. Toba. Jurnal Santeksipil, 3(1), 28–38. Diambil dari https://jurnal.usi.ac.id/index.php/santeksipil
/article/view/528

Triananda, A. R. (2022). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Kawasan Industri Terpadu Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah (PhD Thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Diambil dari http://eprints.ipdn.ac.id/8621/

Yunardhi, H. (2019). Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode PCI Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus: Ruas Jalan DI Panjaitan). Teknologi Sipil: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 2(2). Diambil dari https://ocs.unmul.ac.id/index.php/TS/article
/view/2187

Yunus, Y., Syarwan, S., Mulizar, M., & Reza, M.
(2021). Analisa Kerusakan Jalan Menggunakan Metode PCI (Studi Kasus: Jalan Nasional Banda Aceh-Medan Kawasan Blang Panyang Kota

Lhokseumawe). Prosiding Seminar
Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe,
5(1), 122–128. Diambil dari http://e- jurnal.pnl.ac.id/semnaspnl/article/view/2712
Published
2024-05-03