Analisa Simpang Tengkawang Kota Samarinda Berdasarkan PKJI 2014 Dan Aplikasi Vissim 9.0

  • ibayasid POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Daru Purbaningtyas Politeknik Negeri Samarinda
  • Annisa Dinda Vierza Primadita Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 0 , Fulltext downloads: 0
Keywords: Level of Service, PKJI, Simpang Tengkawang, Tundaan, VISSIM.

Abstract

Simpang Tengkawang merupakan salah satu simpang yang cukup padat di kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja simpang tersebut menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014) dan mensimulasikannya dengan software VISSIM (Verkehr Städten SIMulationsmodell). Pengambilandata primer berupa survei dilakukan selama tiga hari pada jam sibuk. Volume lalu lintas dan cycle timedianalisis dengan pemodelan VISSIM. Hasil analisis diketahui bahwa tingkat pelayanan simpang termasuk F,dengan nilai tundaan rata-rata 73,08 detik/skr. Hasil simulasi diperoleh tingkat pelayanannya adalah E dengan nilai tundaan rata-rata 72,04 detik. Kinerja ruas jalan untuk ketiga lengan pada perhitungan PKJI memiliki nilai Level Of Service C dan Level Of Service D untuk lengan jalan M.Said, pada simulasi VISSIM memiliki nilai Level Of Service E untuk keempat lengan. Maka kondisi Simpang Tengkawang saat ini dalam kondisi tidak baik.

References

Anita, Dwi & Lintong Elisabeth, M.J Paransa. (2015). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan 17 Agustus – Jalan Babe Palar Kota Manado. Jurnal Sipi Statik Vol.3, No.9. Manado
Badan Pusat Statistik Kota Samarinda. (2020). Statistik Daerah Kota Samarinda Tahun 2020.
Direktorat Jendral Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Bina Karya. Jakarta : Badan Penerbit Pekerjaan Umum.
Direktorat Jendral Bina Marga. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Bina Karya. Jakarta : Badan Penerbit Pekerjaan Umum.
Lumintang, Gland Y.B, dkk. (2013). Kinerja Lalu Lintas Persimpangan Lengan Empat Bersignal (Studi Kasus : Persimpangan Jalan Walanda Maramis Manado). Jurnal Sipil Statik Vol. 1, No. 3. Manado.
Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Jakarta : Sekretariat Negara.
Peraturan Menteri Perhubungan RI No.96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas.
PTV Group. (2011). PTV Vissim 9 User Manual. Germany.
Highway Capacity Manual (2010). Transportation Research Board.
Raharjo, Kamidjo, dkk. (2017). Evaluasi Kinerja Persimpangan Jalan Gajayana – Jalan Simpang Gajayana Malang. Jurnal Sondir Vol. 1. Malang.
Styawan, Aris, dkk. (2019). Analisis Dampak Lalu Lintas Revitalisasi Pasar Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Teks Vol. 2, No. 2. Kediri.
Published
2024-05-07