Strategi Perencanaan dan Pemasaran Labuan Bajo NTT

  • Aisyah Astinadia Siregar
Abstract views: 558 , pdf downloads: 232
Keywords: Strategi, Pemasaran, Pengembangan, Komunikasi, wisatawan

Abstract

Wisata bahari merupakan salah satu kekuatan Wisata Labuan Bajo - NTT. Keindahan pulau-pulau yang masih alami seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar menjadikannya sebagai keindahan alam yang menarik wisatawan. Upaya meningkatkan jumlah wisatawan membutuhkan perencanaan dan strategi promosi yang matang dengan memicu minat masyarakat dan hipotesis positif dari wisatawan. Konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang memberikan nilai lebih terhadap suatu perencanaan yang mendalam dengan cara melakukan evaluasi terhadap peran strategis dari berbagai macam ilmu komunikasi dan mengkombinasikannya untuk menghasilkan keakuratan, konsistensi, dan efek komunikasi secara maksimal. Faktor yang dipertimbangkan antara lain kondisi pasar,  elastisitas permintaan dan besaran permintaan, harga produk saingan, diferensiasi dan life cycle produk dan faktor lainnya.Dinas Pariwisata Daerah Manggarai Barat menggunakan dan menerapkan sistem strategi komunikasi salah satunya dengan tujuan meningkatkan dan memajukan industri pariwisata daerah di Labuan Bajo NTT agar dapat bersaing di pasar domestik dan arena asing dan hambatan yang mereka hadapi dan bagaimana mengatasinya untuk mengembangkan pariwisata daerah di Labuan Bajo.  Adapun unsur promotion mix yang digunakan yaitu advertising, public relations, personal selling, sales prmotion, and merchandising. Selain itu juga mengembangkan rumus 8P antara lain yaitu product, price, place, promotion, packaging, programming, partnership and people.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. Boimau, A.Bani, J. Nubatonis, N.S. Astawa, “Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Nusa Tenggara Timur Untuk Mendukung Industri Pariwisata Super Premium International Labuan Bajo di Era New Normal Life,” PARTA, Vol. 3, No. 1, pp. 32-38, 2022.

Najamudin, E. Putra, “Penggunaan Bahasa Iklan Dalam Promosi Desa Wisata Di Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat,” Mandala Nursa, Vol. 6, No. 3, pp. 10675-10685, 2022.

F.Ciptosari, Y.P.H.Wadhi, “Penerapan Strategi Pemasaran Positioning, Differentiation, Branding (PDB) Dalam Menentukan Keunggulan Kompetitif Destinasi Pariwisata”, Management Small and Medium Enterprises. Vol. 16, No. 1, pp. 129-138, 2023.

D. A. Sihombing, O.I. B. Hariyanto, “Digital Pemasaran Pariwisata dan Pendekatan Soft Skill di Destinasi Wisata,” ALTASIA, Vol. 1, No. 2, pp. 47-52, 2019.

R. Hudiono, “Brand Association, Brand Loyalty, Brand Image dan Preceived Quality Pada Brand Equity Di Labuan Bajo”, Hospitality, Vol. 11, No. 2, pp. 423-430, 2022.

Gartner, W. C, “Brand equity in a tourism destination. Place Branding and Public Diplomacy,” Vol. 10, No. 2, pp. 108-116, 2014.

Bungin, Burhan. “Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi”, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Morrisan, “Periklanan: Kounnikasi Pemasaran Terpadu”, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Kotler, Keller, “Manajemen Pemasaran Jilid I.” Edisi ke 1, Jakarta: Erlangga, 2009.

Published
2023-08-17
How to Cite
Aisyah Astinadia Siregar. (2023). Strategi Perencanaan dan Pemasaran Labuan Bajo NTT. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 5(01), 70-85. https://doi.org/10.53050/ejtr.v5i01.434