PENGEMBANGAN DESAIN GEROBAK PEDAGANG KOPI DENGAN IKON TUGU ALUN-ALUN KOTA MOJOKERTO

  • Dimas Prasetyo Dihandoko Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Ningroom Adiani
Abstract views: 101 , pdf downloads: 71
Keywords: Gerobak Pedagang Kopi Kota Mojokerto

Abstract

Gerobak termasuk salah satu alat yang digunakan seseorang untuk dapat membantu melaksanakan pekerjaan. Gerobak biasanya didorong atau ditarik dan dikendalikan oleh seseorang menggunakan dua pegangan yang berada dibelakang gerobak. Akhir-akhir ini masyarakat kota Mojokerto banyak yang berjualan kopi menggunakan gerobak. Terutama pedagang yang berada di alun-alun Kota Mojokerto menggunakan gerobak sebagai transportasi untuk berjualan. Peneliti pun tertarik untuk merancang kembali desain gerobak pedagang kopi yang ada di Kota Mojokerto dengan memiliki ciri khas Kota Mojokerto dan ruang, layout yang mencukupi tata letak peralatan kopi.Ciri khas pada gerobak pedagang kopi ini menggunakan dari bentuk tugu alun-alun kota Mojokerto. Karena tugu tersebut dijuluki “Tugu Kaca Pengilon”, atau tugu kaca untuk bercermin diri dan memiliki bentuk seperti bentuk segitiga sama kaki.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif, yang bertujuan untuk mengeksplorasi data dari berbagai aspek, dan fakta lapangan. Dari semua data yang diperoleh peneliti. Setelah analisis selesai, para peneliti melakukan proses sintesis desain, dengan membuat desain alternatif untuk kuesioner visual yang diberikan kepada pedagang kopi. Kemudian akan dikumpulkan untuk penjumlahan pilihan desain alternatif sebagai hasil dari desain yang dipilih yang akan digunakan sebagai desain akhir yang akan diproduksi dengan mimiliki cirikhas dari Kota Mojokerto.

 

Kata kunci: Pengembangan Desain, Desain, Gerobak Kopi, Pedagang Kopi, Peralatan Kopi

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Hendrassukma, A. Nediari, and R. Fanthi, Transformasi Gerobak Makan Tradisional Pada Desain Konter Makanan Tradisional Betawi Di Pusat Jajan Tematik (Jurusan Desain Interior, no. 2). Jakarta: Universitas Bina Nusantara, 2020.

A. Ramadhan, "Representasi gerobak Sepeda Sebagai Alat Pengangkut Barang Bekas," Desain dan Seni, 2018.

Published
2022-03-26
How to Cite
Prasetyo Dihandoko, D., & Adiani, N. (2022). PENGEMBANGAN DESAIN GEROBAK PEDAGANG KOPI DENGAN IKON TUGU ALUN-ALUN KOTA MOJOKERTO. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 10(1), 18. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v10i1.204