Peningkatan Kemampuan Sketsa Manual bagi Mahasiswa dan Alumni Prodi Desain Produk Kayu Dan Serat

  • Dita Andansari Politeknik Negeri Samarinda
  • Darius Syhafary Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 5 , Fulltext downloads: 0
Keywords: Pelatihan, Sketsa, Manual

Abstract

Dalam proses desain yang terdiri dari desain awal, pengembangan desain dan desain akhir, terdapat salah satu tahapan yang sangat penting bagi seorang desainer. Tahapan tersebut adalah sketsa alternatif desain, yang terdapat pada proses pengembangan desain. Permasalahan yang sering dihadapi oleh mahasiswa Program Studi Desain Produk Kayu dan Serat, Politeknik Negeri Samarinda adalah kurangnya waktu untuk melatih kemampuan sketsa manual dalam perkuliahan karena padatnya tugas praktek di mata kuliah yang lain, sehingga sketsa desain pada mata kuliah inti yaitu desain produk 1,2,3,4 dan tugas akhir seringkali pada bab sketsa alternatif desain kurang maksimal hasilnya. Tujuan dari kegiatan pelatihan kali ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sketsa manual mahasiswa dan sekaligus alumni Prodi Desain Produk Kayu dan Serat,Politeknik Negeri Samarinda, di luar jam mata kuliah. Adapun metode yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi secara online.  Hasil yang didapatkan adalah mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti workshop, terutama ketika narasumber yang membantu memberikan demonstrasi sketsa adalah senior desainer di PT Faber Castell Indonesia. Kesimpulan yang didapat dari kegiatan ini adalah pilihan narasumber dan metode pembelajaran penting untuk meningkatkan minat dari peserta kegiatan.

References

Goel, Vinod. (1995). Sketches of Thougt. MIT Press : USA

Kusnaedi, I., Widodo, P., Sun, C. R., Guntur, T. (2014). Hubungan Kemampuan Sketsa Freehand dan Digital dengan Kreativitas Mahasiswa dalam Proses Pendidikan Desain, Studi Kasus Mahasiswa Tingkat Akhir Desain Interior FSRD Itenas BAndung. Jurnal Itenas Rekarupa, No. 2 Vol. 4, 168-179.

Nurcahyo, M. (2022). Kajian Peran Sketsa Dalam Proses Kreatif dan Pendidikan Desain (Kasus Pengalaman Belajar Desain di Era Digital). Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior, Vol. 10 No. 2, 86- 97.

Rivai, I. N. A. & Mana, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Mahasiswa PGMI di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, No. 2 Vol. 2, 99-109.

Utami Hrp, W. A. (2023). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Education Journal of Indonesia, No. 2 Vol. 4, 54-60.

Wardana, P. D., Muhajir, Marsudi. (2015). Hubungan Kemampuan Menggambar Ilustrasi Secara Manual Dengan Kemampuan Menggambar Ilustrasi Secara Digital. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. Vo. 03, No. 03, 043-051.

Wahyuni, N. S. & Indihadi, D. (2019). Narasumber sebagai Sumber Belajar Berpengaruh Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Siswa. Jurnal Ilimiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 6 No. 1.

Published
2024-06-30
Section
Articles