Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Pelajar SMK di Bandongan Magelang

Abstract views: 32 , Fulltext downloads: 18
Keywords: Pelatihan, Jurnalistik Dasar, Pelajar SMK

Abstract

Dari hasil observasi didapati bahwa di SMK Muhammadiyah Bandongan masih belum ada gerakan atau aktivitas jurnalistik yang mapan. Hal ini ditakutkan akan menyebabkan komunikasi publik di lingkungan sekolah tidak produktif dan malah destruktif. Oleh sebab itu, tim pengusul meyakini perlu adanya upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan jurnalistik guna menumbuhkan pola komunikasi publik yang produktif dan sehat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang jurnalistik dasar yang diharapkan dapat dijadikan bekal dalam menerima berita dan/atau informasi dari media massa. Selain itu, pengabdian ini dimaksudkan untuk membekali target sasaran kegaitan keterampilan jurnalistik dasar dalam rangka membangun aktivitas jurnalistik yang sehat di lingkunagan sekolah. Ruang jurnalisme yang sehat diharapkan akan menjadi sarana bagi seluruh komponen sekolah, terutama siswa, dalam menyampaikan aspirasi.  Kesimpulan yang dapat ditarik dari kegiatan ini adalah bahwa penting mengenalkan dunia jurnalistik sejak dini, terutama pada pelajar SMK/Sederajat yang notabene sudah mendekati usia dewasa. Pentingnya pemahaman jurnalistik bagi pelajar dapat membangun generasi yang tidak latah dengan pemberitaan di media. Beranjak dari kesimpulan yang didapat, yang menjadi rekomendasi utama ialah perlunya membangun budaya jurnalistik di lingkungan sekolah. Jurnalisme sekolah, selain sebagai penyedia informasi, dapat juga menjadi media bagi siswa untuk menyampaikan aspirasinya.

References

Al-Ayubi, S. & Mulyadi, M. (2023). Assistance of Vocational School/SMA/MA Students in Developing Literacy Culture through Journalistic Training in Randegansari Driyorejo Village. JoCS: Journal of Community Service, 1(2), 115-128. Diakses dari https://ejournal.staiarrosyid.ac.id/index.php/jocs/article/view/125

Arochman, T., Imron, A., & Hantari, W. C. (2024). Development of Video-Based Digital Content Learning for Teaching University Students. English Review: Journal of English Education, 12(2), 675-684. https://doi.org/10.25134/erjee.v12i2.7617

Kamlasi, I., Sahan, A., Emanuel, U., & Wisrance, M. W. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Jurnalistik kepada Siswa Kelas XI SMA FQI Kefamenanu. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39-59. Diakses dari https://journal.unilak.ac.id/index.php/abdimaslectura/article/view/12959

Khafidzoh, G., Hapsari, H. Y., Ikhsanuddin, I., Auliya, I., Janah, R., & Arochman, T. (2024). Pengoptimalan Peran Pemerintah Desa dalam Pemanfaatan Teknologi Digital guna Membangun Desa Berbasis Smart Village. Journal of Community Service in Public Education (CSPE), 4(1), 1-11. https://doi.org/10.31002/cspe.v4i1.1074

Munar, H., & Junresti Daya, W. (2020). Workshop Jurnalistik dan Literasi Media Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Jambi. Cerdas Sifa Pendidikan, 9(2), 92-96. https://doi.org/10.22437/csp.v9i2.10696

Nur, M. J. ., Teluma, A. R. L. ., & Indiyati, D. . (2023). Workshop Jurnalistik Online bagi Pemuda Desa Pengembur Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Gema Ngabdi, 5(1), 49–55. https://doi.org/10.29303/jgn.v5i1.320

Permadi, D., Hidayat, F., & Putri, R. S. (2024). Pelatihan Penulisan Berita Dan Pengelolaan Website Desa Wisata Guci. ABDIMASKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 42-47. https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1635

Praceka, P. A. & Setianto, Y. P. (2023). Workshop Jurnalisme Data bagi Mahasiswa Jurnalistik dan Komunitas Pers Kampus di Banten. Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 83-96. http://dx.doi.org/10.31506/komunitas:jpkm.v1i2.13135

Raismawati, E. (2017). Pembinaan Tanggung Jawab Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Jurnalistik di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Unnes Civic Education Journal, 3(1), 35-43. https://doi.org/10.15294/ucej.v3i1.3927

Sahan, M. Y., Kamlasi, I., Emanuel, U., Sahan, A., Wisrance, M. W., Tenis, W., & Manu, H. O. (2023). Manfaat Ekstrakurikuler Jurnalistik bagi Pengembangan Kebahasaan Siswa Kelas XI SMA FQI Kefamenanu. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 48–60. https://doi.org/10.32938/jbi.v8i1.4303

Thresia, F., Bungsudi, B., & Rasmana, B., (2020). Jurnalistik Dasar untuk Pemula. Yogyakarta: Pen Fighters.

Wijaya, S. H. B. & Yudiningrum, F. R. (2016). Meningkatkan Kecerdasan Bangsa melalui Optimalisasi Penerapan Standar Kompetensi Wartawan. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 97-101. https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i2.55

Witarti, D. I., Puspitasari, A. and Fithriana, A. (2020). Pemuda Pengawal Demokrasi: Pengenalan Peace Journalism dalam Rangka Mewujudkan Kampanye Sehat kepada Pemilih Pemula. Sebatik, 24(2), pp. 234–239. Diakses dari https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/1072
Published
2025-02-10
Section
Articles