Pelatihan Kewirausahaan Melalui Pembuatan Empek-Empek Bagi Perempuan Sebagai Pelaku Industri Kreatif

  • Shanty Yahya Politeknik Negeri Samarinda
  • Mika Patayang Politeknik Negeri Samarinda
  • Ade Irawan Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 13 , Fulltext downloads: 8
Keywords: Pelatihan, Kewirausahaan, Produk

Abstract

Perempuan merupakan kelompok penggerak ekonomi. Bahkan saat ini banyak diantara mereka menjadi tulang punggung keluarganya. Mereka menjadi sumber keuangan yang mempunyai kewajiban untuk menafkahi keluarganya. Tingkat pendidikan, jumlah anak, dan keterampilan minim adalah permasalahan yang dialami oleh sebagian dari perempuan Indonesia untuk memiliki pekerjaan dan menghasilkan keuntungan finansial. Agar dapat memiliki peran secara ekonomi, perempuan seharusnya memiliki pengetahuan dan pemahaman cara berwirausaha. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah memberikan pelatihan kewirausahaan bagi perempuan khususnya ibu – ibu rumah tangga melalui pembuatan empek – empek, perhitungan biaya produksi, pengemasan empek - empek, dan pemasaran produk. Metode yang digunakan adalah ceramah kemudian mempraktekkan cara membuat empek – empek dan cuko. Pembuatan empek – empek dimulai dengan pemilihan ikan, bahan yang digunakan, teknik pembuatan, teknik perhitungan biaya produk, dan teknik memasarkan produk. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah ibu – ibu rumah tangga memahami cara berwirausaha empek – empek, menghitung biaya produksi, hingga teknik memasarkan produk. Terlaksananya pengabdian masyarakat ini diharapkan peserta pelatihan dapat memiliki industri rumah tangga yang dapat menjadi sumber pendapatan mereka.

 

 

References

Alim Syariati. (2022). Kewirausahaan: Cara Mudah Memulai Usaha. Pusaka Almaida. Sulawaei Selatan.
Budi Rustandi, dkk. (2023). Kewirausahaan dan Bisnis. Intelektual Manifes Media Publishing. Bali.
Kusnadi dan Yulia, N. (2020). Kewirausahaan. Cetakan ke 3. Cahaya Firdaus Publishing. Pekanbaru.
Muh. Rifa’I dan Husinsah. (2022). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Cetakan pertama. Perdana Publishing. Medan
Moh. Alifuddin., dan Mashur Razak. (2015). Kewirausahaan : Strategi Membangun Kerajaan Bisnis. MAGNAScript Publishing, Jakarta.
Rintan Saragih. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, STIE LMII Medan, Vol 3, No 2
Published
2025-02-10
Section
Articles