Bimbingan Belajar bagi Peserta Didik Berkesulitan Membaca Menggunakan Metode Bacagaha di Bimbel Family Andalas Padang


Abstract
Bimbingan ini bertujuan untuk mengatasi masalah belajar membaca dan meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik tingkat dasar. Perubahan kurikulum membuat berbagai aspek di dunia pendidikan mengalami kesulitan dalam pengembangan kemampuan membaca peserta didik di Tingkat Sekolah Dasar. Kurikulum merdeka sebagai kurikulum terbaru lebih menuntut peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Banyaknya bahan terbuka seperti LKS dan buku cetak tidak cukup untuk membuat kemampuan membaca peserta didik meningkat secara spontan. Bahan ajar itu juga sebagai usaha mem aksi malkan peran peserta didik dalam memahami materi , tetapi akibat belum bisa m embaca , pemahaman mereka terhambat dan juga mengalami ketertinggalan materi pelajaran. Kegiatan membaca ditingkat Sekolah Dasar adalah salah satu permasalahan yang sering ditemukan. Dimana pada tingkatannya inilah dasar pengembangan kemampuan membaca untuk memahami berbagai mata pelajaran lainnya. bantuan yang terjadi pada peserta didik dalam membaca juga disebabkan oleh tidak adanya bimbingan belajar yang bersifat lebih individual tentang pengenalan abjad di sekolah. Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam belajar membaca dibentuklah sebuah metode bacagaha di bimbel keluarga pada tingkatan Sekolah Dasar. Metode bacagaha digunakan sebagai metode peningkatan kemampuan membaca. Adapun metode yang digunakan dalam bimbingan ini yaitu Service Learning (SL). Hasil dari bimbingan ini cukup memuaskan dibuktikan dengan kemajuan tingkat kemampuan membaca peserta didik.
References
Akbar, M. R. (2017). Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang, 84–85.
Dewi, Y. T., Ardyaputri, S. R., Suyono, S., & Anggraini, A. E. (2022). Penerapan Metode Suku Kata Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Sd Sunan Giri Ngebruk. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 780–785. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2428
Evi Zahara. (2018). Peranan Komunikasi Organisasi Pimpinan Organisasi. Peranan Komunikasi Organisasi Bagi Pimpinan Organisasi, 1829–7463(April), 8.
Harliana. (2023). Studi Deskriptif Membaca Tanpa Mengeja untuk Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia 5 — 6 Tahun. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.37680/absorbent
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411
Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (n.d.). Dr. Rahmat Hidayat, MA Dr. Abdillah, S.Ag, M.Pd.
JULIANTI, J. (2021). Pengelolaan Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Di Sma Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar. Jurnal Intelektualita, 10(01), 2013–2015.
Khusnia, M., Kholidin, N., Pravitasari, D., Nurul, U., Sukara, H., & Timur, O. (2022). Kesulitan Membaca Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas Iii Di Sdn Pujo Rahayu). FingeR : Journal of Elementary School, 1(1), 32–44. https://jsr.unha.ac.id/index.php/FingeR
Maulidah, E. (2024). Metode Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM) Untuk Mengenalkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini di PAUD Al Barokah 1 Karang Melok Tamanan Bondowoso. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 68–85. https://doi.org/10.53515/cej.v5i1.5510
Nilayani, S. A. P., & Rahayuni, I. G. A. A. (2022). Metode Membaca Tanpa Mengeja sebagai Metode Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal : Lampuhyang, 13(2), 1–23. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/312
Noviana. (2015). Prevalensi Anak Kesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kuranji Padang. 4(September), 334–339. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Putri Nirwana Torau, Muhammad Hasby, Sehe Madeamin, & Edi Wahyono. (2022). Analisis Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas III SD. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 380–399. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i3.307
Restuningsih, M. A., Nyoman, D., & Sudiana, N. (2017). Kemampuan Membaca Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Membaca Pada Siswa Kelas V Sd Kristen Harapan Denpasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2680
Ummah, M. S. (2019). No. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI