Optimalisasi Pelatihan Pemandu Wisata sebagai Inovatif dalam Mempromosikan Destinasi Wisata Kecamatan Dayun Kabupaten Siak


Abstract
Kecamatan Dayun di Kabupaten Siak memiliki potensi wisata yang signifikan, dikenal dengan nama wisata embung. Peningkatan kualitas pemandu wisata merupakan hal yang urgen guna mengoptimalkan potensi wisata. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan kompetensi pemandu wisata, Pokdarwis di Kecamatan Dayun melalui pelatihan yang komprehensif. Memperkenalkan teknik-teknik promosi wisata yang inovatif dan efektif. Metode Pelaksanaan, Analisis Kebutuhan, Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan melalui wawancara dengan pemandu wisata lokal yang tergabung dalam Pokdarwis dan stakeholder dalam hal ini pemerintah, pelaku umkm.Menyusun materi pelatihan yang mencakup sejarah, budaya, teknik bercerita (storytelling), pelayanan prima, sapta pesona, komunikasi efektif, serta penggunaan teknologi dalam promosi wisata. Pelatihan dilakukan dengan metode partisipatif yang melibatkan simulasi, roleplay, dan studi kasus. Evaluasi dan Pendampingan, Melakukan evaluasi dan simulasi terhadap pemandu wisata yang telah mengikuti pelatihan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman pemandu wisata mengenai komunikasi efektif dan dipraktekkan. Terbentuknya pemandu wisata yang memiliki pengetahuan mendalam tentang destinasi lokal serta keterampilan komunikasi yang baik. Promosi Wisata yang efektif dapat meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kecamatan Dayun.
References
Kuswarno, Engkus. (2008). Fenomenologi. Bandung : Widya Padjajaran.
Mulyana, Deddy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy. (2000). Ilmu Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya
Nasution, Belli. Anuar Rasyid. (2019). Komunikasi sosial Pembangunan. Taman karya: Pekanbaru.
Rasyid, Anuar (2019). Metode Penelitian Komunikasi. UR Press: Pekanbaru.
Rasyid, Anuar, Amiruddin Saleh, Hafied Cangara, Budi Wahyu Priatna. (2015). Komunikasi Dalam Corporate Social Responsibility Perusahaan : Pemberdayaan Masyarakat Dan Membangun Citra Positif. Mimbar, Vol. 31, No. 2. http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/1564
Rasyid, Anuar, & Nasution, Belli. (2021). Effects of corporate social responsibility communications on community empowerment in Pekanbaru. Linguistics and Culture Review, 6(S3), 12-23. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS3.1900.
Rasyid, Anuar, Belli Nasution. (2022). Communication Of Empowerment By The Government To The Community In Fighting Forest And Land Fire (Karhutla) In Meranti Islands Regency jurnal Neuro Quantology. Jul 2022. Volume 20. Issue 7 |2816-2825 | doi: 10.14704/nq.2022.20.7.NQ33360
Rasyid, Anuar, Suyanto, Evawani Elysa Lubis. (2022). Communication On The Empowerment Of Manggala Agni In Controlling Land And Forest Fires (Karhutla) During The Covid-19 Pandemic In Dumai City. Jurnal Central European Management Journal ISSN:2336-2693 | E-ISSN:2336-4890 Vol. 30 Issue. 4. 10.57030/23364890.cemj.30.4.145