Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pelaku Usaha: Manfaatkan Teknologi, Memperluas Peluang Pasar dalam Mozaik Indonesia RRI Tarakan

  • Ferlina Wijaya Politeknik Bisnis Kaltara
  • Syaddam Politeknik Bisnis Kaltara
Abstract views: 93 , Fulltext downloads: 45
Keywords: Gelar Wicara, Memperluas Pasar, Pelaku Usaha, RRI Tarakan, Teknologi

Abstract

Transformasi digital telah menjadi elemen penting bagi bisnis modern, memengaruhi berbagai aspek operasional dan strategis. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata dan solusi yang bermanfaat dengan terlibat menjadi Narasumber dalam kegiatan gelar wicara di RRI Tarakan. Melalui sesi gelar wicara interaktif, Dosen sebagai Narasumber berbagi wawasan dan perspektif tentang pemanfaatan teknologi untuk memperluas peluang pasar bagi para Pelaku usaha, terutama bagi UMKM. Pembahasan dalam kegiatan ini mencakup topik-topik seperti pemanfaatan e-commerce, analisis big data, dan platform komputasi awan untuk menjangkau segmen konsumen yang lebih luas. Selain itu, Narasumber juga membahas tantangan dan risiko yang mungkin dihadapi Pelaku usaha saat beralih ke dunia digital, seperti keamanan data, transaksi fiktif, dan kebutuhan akan layanan pelanggan 24/7. Dengan berbagi pengetahuan, kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan para Pelaku usaha dengan pemahaman dan strategi untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan memperluas kehadiran para Pelaku usaha di pasar yang lebih luas.

Author Biography

Ferlina Wijaya, Politeknik Bisnis Kaltara

Sistem Informasi

References

Akter, S., Michael, K., Uddin, M. R., McCarthy, G., & Rahman, M. (2022). Transforming Business using Digital Innovations: The Application of AI, Blockchain, Cloud and Data Analytics. Annals of Operations Research, 308(1–2), 7–39. https://doi.org/10.1007/s10479-020-03620-w
Armia, A., & Herlina, R. (2021). Peran Radio Belitung Timur [RBT 89,7 fm] sebagai Radio Net dalam Penyebaran Informasi Virus Corona pada Program Talkshow Covid-19. Islamic Communication Journal, 6(2), 141–162. https://doi.org/10.21580/icj.2021.6.2.7633
Azaryan, E. M., & Makhnonosov, D. V. (2023). Digital Transformation Strategy of E-Commerce. EKONOMIKA I UPRAVLENIE: PROBLEMY, RESHENIYA, 7/3(139), 183–190. https://doi.org/10.36871/ek.up.p.r.2023.07.03.020
Balyk, U., & Stevchak, Y. (2024). E-Commerce Market: New Technologies and Development Prospects. Management and Entrepreneurship in Ukraine: The Stages of Formation and Problems of Development, 2024(1), 83–91. https://doi.org/10.23939/smeu2024.01.083
Banyuriatiga, B., Wahyuni, E., Sulistyo, A., Sari, N. K., Santoso, D., & Adiwena, M. (2023). Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Kompos Bernilai Jual Menggunakan Metode Takakura di Area TPS 3R Kota Tarakan. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(3), 49–58. https://doi.org/10.58192/sejahtera.v2i3.1065
Bresciani, S., Huarng, K.-H., Malhotra, A., & Ferraris, A. (2021). Digital Transformation as a Springboard for Product, Process and Business Model Innovation. Journal of Business Research, 128, 204–210. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.02.003
Deng, Z. (2023). Research on E-commerce Demand Forecast Based on Big data Algorithm and AI. BCP Business & Management, 50, 87–91. https://doi.org/10.54691/bcpbm.v50i.5573
Fernández-Rovira, C., Álvarez Valdés, J., Molleví, G., & Nicolas-Sans, R. (2021). The digital transformation of business. Towards the datafication of the relationship with customers. Technological Forecasting and Social Change, 162, 120339. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2020.120339
Hariyanto, D. (2022). Pelatihan Pengolahan Angka dengan Microsoft Excel untuk Anggota Komunitas Bogor Mengabdi. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 1(1 PEBRUARI SE-Artikel Terkini), 30–36. http://www.jurnalilmiah.id/index.php/abdimas/article/view/14
Hasana, H. T. H., Febriyantoro, B., & Marwahyudi. (2022). DESAIN KURSI GAMPSEK (GAMPIL LAN SEKECO) KONSEP PORTABLE FOLDING UNTUK ACARA TALK SHOW. JURNAL PENGABDIAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.47942/jpttg.v3i1.785
Iakupova, R. (2024). Development Prospects for E-Commerce Platforms. Baltic Journal of Legal and Social Sciences, 3, 171–178. https://doi.org/10.30525/2592-8813-2024-3-17
Kalangit, D. O. C., Kusrihandayani, D., & Satryawati. (2023). Pelatihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada UMKM Binaan Kelurahan Sungai Keledang Kecamatan Samarinda Seberang. Jurnal ETAM, 3(1), 204–212. https://doi.org/10.46964/etam.v3i1.381
Li, L., & Zhang, J. (2021). Research and Analysis of an Enterprise E-Commerce Marketing System Under the Big Data Environment. Journal of Organizational and End User Computing, 33(6), 1–19. https://doi.org/10.4018/JOEUC.20211101.oa15
Mariani, M. M., & Wamba, S. F. (2020). Exploring how Consumer Goods Companies Innovate in the Digital Age: The Role of Big Data Analytics Companies. Journal of Business Research, 121, 338–352. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.09.012
Mrvica Mađarac, S., Filipović, Z., & Eljuga, M. (2021). E-Commerce in Trade Companies During the Conditions of a Pandemic Crisis: Case Studies. 728–745. https://doi.org/10.25234/eclic/18349
Nasution, N., & Azhar, I. N. (2020). Membangun Mental Entrepreuner Guna Persaingan Bisnis di Bidang Konveksi Pada Pelaku Usaha di Konveksi Angkola Jaya Tapanuli Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 2(3 SE-Articles), 77–84. https://jurnal.unar.ac.id/index.php/jamunar/article/view/433
Nurdin, N. (2023). Pengabdian kepada Masyarakat: Dalam Konsep dan Implementasi. Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3 SE-Articles), 1–15. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.211
On-Piu Chan, J. (2020). Digital Transformation in the Era of Big Data and Cloud Computing. International Journal of Intelligent Information Systems, 9(3), 16. https://doi.org/10.11648/j.ijiis.20200903.11
Pozhueva, T., & Shchegolevatykh, D. (2024). Digital Technologies in Crisis Management. Economic Analysis, 34(2), 407–420. https://doi.org/10.35774/econa2024.02.407
Roy, M. L., Chandra, N., Sanwal, R., Joshi, P., Mukherjee, A., Jethi, R., & Joshi, K. (2020). A Study on talks Broadcasted in Farm Radio Programme Krishi Samriddhi and its Effectiveness as Perceived by Listener Farmers. Indian Journal of Extension Education, 56(4), 91–96. https://doi.org/10.5958/2454-552X.2020.00054.7
Sabirova, D. R., Bodnar, S. S., & Yatsenko, G. S. (2020). Prosodic characteristics of the speech of hosts in the media communication (examples of British and American talk shows). Proceedings of the III International Scientific and Practical Conference, 1–4. https://doi.org/10.1145/3388984.3389064
Sanah, S. (2021). Edukasi dan Produktivitas Masyarakat di Masa Pandemi (A. A. Aulia (ed.)). LP2M UIN SGD Bandung. http://https//lp2m.uinsgd.ac.id/
Sidi, T. I. S., Sudaryanto, E., & Wibowo, J. H. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM SIARAN ACARA “KETIBAN SAMPUR” DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PENDENGAR (STUDI KASUS: RRI SURABAYA PRO 4 96,8 SURABAYA). Representamen, 5(02). https://doi.org/10.30996/representamen.v5i02.2936
Siricharoen, W. V. (2024). Leveraging Artificial Intelligence and Emerging Technologies in the Next Phase of Digital Business Transformation. 2024 IEEE 14th Symposium on Computer Applications & Industrial Electronics (ISCAIE), 10–14. https://doi.org/10.1109/ISCAIE61308.2024.10576282
Sivarajah, U., Irani, Z., Gupta, S., & Mahroof, K. (2020). Role of Big Data and Social Media Analytics for Business to Business Sustainability: A Participatory Web Context. Industrial Marketing Management, 86, 163–179. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2019.04.005
Sood, S. (2002). Audience Involvement and Entertainment?Education. Communication Theory, 12(2), 153–172. https://doi.org/10.1111/j.1468-2885.2002.tb00264.x
Vaughan, P. W., Rogers, E. M., Singhal, A., & Swalehe, R. M. (2000). Entertainment-Education and HIV/AIDS Prevention: A Field Experiment in Tanzania. Journal of Health Communication, 5(sup1), 81–100. https://doi.org/10.1080/10810730050019573
Yulianti, N. K. D., Mudiasih, N. W., Suratni, N. W., & Dinata, K. W. (2023). Pembinaan Pemandu Wisata Berbahasa Inggris dan Pelatihan Drama Tari Dewa Mesraman dalam Upaya Mengembangkan Wisata Budaya Desa Paksebali. Gayatri : Jurnal Pengabdian Seni Dan Budaya, 1(2), 43–49. https://doi.org/10.20111/gayatri.v1i2.29
Zenabia, T., Dewi, E. K., & Saga, B. (2024). Pelatihan Dasar-Dasar Akuntansi, Kewirausahaan dan Perpajakan pada Pondok Pesantren Nurul Ihsan. Jurnal Abdi Citra, 1(2), 113–123. https://doi.org/10.62237/jac.v1i2.105
Published
2025-09-17
Section
Articles