Pendampingan Copywriting pada Media Sosial Instagram UMKM Masyarakat Peduli Ciliwung
Abstract views: 45
,
Fulltext downloads: 32
Abstract
UMKM Masyarakat Peduli Ciliwung adalah masyarakat yang tinggal di bantaran sungai ciliwung. Pada bulan Maret tahun 2025 ini terjadi banjir besar yang menyebabkan meluapnya sungai ciliwung. Akibatnya, banyak UMKM di Ciliwung yang terdampak banjir. Salah satunya mereka tidak bisa melakukan kegiatan UMKM. Kalaupun ada, geraknya menjadi terbatas. Walau demikian, tidak menyurutkan semangat pelaku UMKM Masyarakat Peduli Ciliwung untuk tetap berdaya menjadi UMKM go digital. Walau terdampak banjir, pelaku UMKM bangkit dan terus menjalankan usahanya dengan segala keterbatasan yang ada. Untuk itu dilakukan pendampingan copywriting pada media sosial instagram UMKM Masyarakat Peduli Ciliwung. Terdapat lima UMKM yang dibantu dalam melakukan copywriting pada media sosial instagram UMKM masyarakat peduli Ciliwung. Selama proses pendampingan copywriting, tim telah membantu membuatkan berbagai bentuk copywriting yang dapat meningkatkan merek UMKM Masyarakat Peduli Ciliwung menjadi UMKM go digital dengan mengajarkan copywriting pada poster, video iklan, infografis, desain produk sampai pada e-magazine UMKM. Pendampingan yang sudah dilakukan selama empat bulan telah berhasil meningkatkan insight media sosial instagram UMKM Masyarakat Peduli Ciliwung menjadi merek yang lebih dikenal oleh Masyarakat.
References
UMKM. Jurnal Komunikasi Visual, 10(2), 55–68. https://doi.org/10.1234/jkv.v10i2.2022
Escalas, J. E. (2004). Narrative processing: Building consumer connections to
brands. Journal of Consumer Psychology, 14(1-2), 168–180. https://doi.org/10.1207/s15327663jcp1401&2_19
Halim, N. W. A., Amin, H., & Susilawaty, F. T. (2024). Strategi copywriting
@beauty.kendari: Pendekatan teori AIDA dalam meningkatkan engagement konsumen. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO, 9(1), 239–249. https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i1.195
Han, Y., & Chen, W. (2022). Resilient micro-enterprises in post-disaster urban
settings: A qualitative inquiry. International Journal of Urban Economics, 28(1), 101–119. https://doi.org/10.5678/ijue.2022.28109
Hendrawan, A., Khoiruddin, K., & Vydia, V. (2023). Pemanfaatan Instagram
untuk media promosi dalam meningkatkan ketahanan UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Semarang. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JSM/article/download/11043/7540
Putri, A., & Nugroho, S. (2023). Instagram sebagai media penguatan merek
UMKM pascabencana. Jurnal Pemasaran Digital Indonesia, 5(1), 22–35. https://doi.org/10.4321/jpdi.v5i1.2023
Rachmawati, L. (2021). Dinamika pemberdayaan UMKM berbasis komunitas
pasca banjir. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 45–60. https://doi.org/10.9876/jpm.v3i3.2021
Rahmawati, D., & Nugroho, B. (2022). Empowerment-based learning in UMKM
development. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 45–60. https://doi.org/10.1234/jpm.v5i2.2022
Ramadhan, K. M., Anshori, D. S., & Fuadin, A. (2024). Bahasa iklan dengan
teknik copywriting AIDA di habiskerja.com. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(1), 1–12. https://e-journal.my.id/onoma/article/download/3334/2206
Sabrina, V. C., Hidayahtullah, W., & Putri, S. M. (2023). Pengaruh Instagram
terhadap perkembangan dan kesuksesan UMKM. Jurnal Sistem Informasi UPN Veteran Jawa Timur. https://sitasi.upnjatim.ac.id/index.php/sitasi/article/download/190/31
Safitri, D., & Romli, N. A. (2023). Optimalisasi media sosial Instagram sebagai
media promosi produk UMKM Jatinegara Kaum. Jurnal Abdimas Perbanas, 3(2), 55–63. https://journal.perbanas.id/index.php/JAP/article/download/532/307
Sutanto, A. C., Simon, V. M., Son, S. S., Nadhif, L. D., Chang, G., & Ningsih, R.
Y. (2024). Efektivitas penggunaan Instagram dalam proses branding
pada UMKM di Kemanggisan. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital, 2(3). https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3.183





