Pelatihan Pembuatan Produk Digital melalui Penggunaan Platform Canva bagi Technopreneur Muda

  • Manarul Hidayat Universitas Indraprasta PGRI
  • Utsmani Abdul Bari Universitas Indraprasta PGRI
  • Frans Andrew Sinaga Universitas Indraprasta PGRI
  • Ilsar Nandapradana Universitas Indraprasta PGRI
Abstract views: 85 , Fulltext downloads: 38
Keywords: Technopreneur, Produk Digital, Canva

Abstract

Revolusi industri 4.0 telah mendorong percepatan transformasi digital yang memengaruhi cara individu berinteraksi, bekerja, dan berwirausaha. Konsep technopreneurship, yang menggabungkan teknologi dan kewirausahaan, menjadi jalur strategis bagi generasi Z untuk memanfaatkan peluang di era digital. Salah satu platform yang mendukung proses ini adalah Canva, sebuah alat desain grafis online yang mudah digunakan dan kaya fitur. Canva memungkinkan siswa menghasilkan produk digital seperti logo, poster, dan e-book yang kemudian dapat dipasarkan melalui platform seperti lynk.id. Namun, di SMK Insan Bhakti Mulia, masih ditemukan tantangan dalam membekali siswa dengan keterampilan digital yang relevan, seperti kurangnya pengetahuan terhadap tools kreatif dan minimnya integrasi kewirausahaan dalam pembelajaran. Pelatihan technopreneurship berbasis pemanfaatan Canva dan lynk.id diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menciptakan dan memasarkan produk digital. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan jiwa technopreneur muda yang adaptif terhadap perkembangan teknologi serta mendorong siswa menjadi pelaku usaha kreatif dan inovatif di masa depan.

References

Cahyani, M. D., Reffiane, F., Wakhyudin, H., & Suherni. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA CANVA INTERAKTIF PADA MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV DI SDNSENDANGMULYO 02 SEMARANG. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(6), 784–808.
Christiani, Y. H., Karim, A., Ratnawati, R. . E., Warneri, W., & Enawaty, E. (2024). Eksplorasi Penggunaan Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Desain Pesan Pembelajaran. Journal on Education, 6(4), 19895–19904. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5785
Kasmirandi, K. (2023). Penerapan Technopreneurship pada Kinerja Student Startup di Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 6(2), 281–286. https://doi.org/10.57093/metansi.v6i2.244
Mulyawati, I., Arini, N. W., & Polina, L. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva dan Padlet Bagi Guru SD di SDN Pulogebang 09 Pagi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 170. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7670
Nirbita, B. N. (2017). PENTINGNYA TECHNOPRENEURSHIP DALAM DUNIA PENDIDIKAN TINGGI. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 53(9), 1689–1699. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf
Paiola, M., Grandinetti, R., Kowalkowski, C., & Rapaccini, M. (2024). Digital servitization strategies and business model innovation: The role of knowledge-intensive business services. Journal of Engineering and Technology Management, 74, 101846. https://doi.org/10.1016/j.jengtecman.2024.101846
Pardede, L., Sirait, J. V. O., Siagian, R. A., Marbun, P. E., & Damanik, F. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Smks Karya Serdang. 5(2), 1996–2002.
Pratiwi, R. W., Dairoh, D., Apriliani, D., Af’idah, D. I., Handayani, S. F., Koandres, K., Gian, A., & Saputra, I. T. (2022). Peningkatan Ketrampilan Digital Enterpreneur Bagi Siswa Siswi Smk. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 1746. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7710
Ristiawan, R., Dwitiyanti, N., & Selvia, N. (2023). Pelatihan Penggunaan Canva Sebagai Media Pembelajaran Digital Bagi Guru SDN Sukarapih 01 Kab. Bekasi. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 2(2), 242–250.
Rosmayani, P. A., Yusuf, H. A., Rahmayanti, T., & Setiyawati, M. E. (2022). PENGARUH REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN DI INDONESIA. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(4), 600–607.
Sobandi, A., Yuniarsih, T., Meilani, R. I., & Indriarti, R. (2023). Pemanfaatan Fitur Aplikasi Canva dalam Perancangan Media Pembelajaran berbasis Pendekatan Microlearning. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(1), 98–109. https://doi.org/10.17509/jpm.v8i1.51920
Varadarajan, R., Welden, R. B., Arunachalam, S., Haenlein, M., & Gupta, S. (2022). Digital product innovations for the greater good and digital marketing innovations in communications and channels: Evolution, emerging issues, and future research directions. International Journal of Research in Marketing, 39(2), 482–501. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2021.09.002
Yuliana, Y. (2021). Peningkatan Daya Saing Bisnis melalui Technopreneurship. Reviu Akuntansi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(2), 103–113. https://doi.org/10.35912/rambis.v1i2.556
Amrullah, M. F., Hanisah, N., & Putra, A. J. (2024). Peningkatan Kemampuan Membuat PPT Interaktif Melalui Pelatihan Canva AI kepada Guru PAUD Desa Badak. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 3(2), 200–209.
Published
2025-09-17
Section
Articles