Pemberdayaan Siswa SMA PGRI Sendang melalui Workshop Entrepreneurship untuk Membangun Mental Digitalpreneur di Era Society 5.0

  • Tri Latifatul Sakdiyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Saian Fauzi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Abstract views: 48 , Fulltext downloads: 25
Keywords: Kewirausahaan, digitalpreneur, workshop, society 5.0, pengabdian, Nyawangan, Sendang, KKN

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilaksanakan di Desa Nyawangan, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung dengan fokus pada pemberdayaan generasi muda melalui literasi kewirausahaan digital. Mayoritas masyarakat desa masih bergantung pada sektor pertanian dan peternakan, sementara pemanfaatan teknologi digital dalam usaha ekonomi lokal masih terbatas. Untuk menjawab tantangan tersebut, tim KKN menyelenggarakan Workshop Entrepreneurship bertema “Membangun Mental Digitalpreneur Muda di Era Society 5.0” di SMA PGRI Sendang. Metode yang digunakan berupa ceramah interaktif, diskusi kelompok, serta studi kasus ringan yang diikuti oleh 44 siswa kelas XII. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa para siswa mampu memahami konsep dasar kewirausahaan, mengenali peluang dan tantangan di era Society 5.0, serta memperoleh keterampilan praktis dalam membangun usaha berbasis digital. Workshop ini mendorong lahirnya kesadaran baru di kalangan pemuda untuk memanfaatkan potensi lokal dengan strategi pemasaran digital, sehingga diharapkan dapat menciptakan ekosistem wirausaha berkelanjutan yang berkontribusi pada pembangunan ekonomi desa.

Kata Kunci: Kewirausahaan, Digitalpreneur, Society 5.0, Workshop, SMA

References

Fukuyama, Mayumi. 2018. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society.” Japan SPOTLIGHT
Hisrich, Robert D. 2017. Entrepreneurship. New York: McGraw-Hill, 2017
Nugroho, Adhi Setyo, and R. Suharto. 2020. “Digitalpreneurship: Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Digital pada Generasi Milenial.” Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan 20, no. 1
Prasetyo, Budi, and Sutopo Wibowo. 2020. “Society 5.0: Transformasi Digital dan Dampaknya terhadap Dunia Pendidikan.” Jurnal Teknologi Pendidikan 8, no. 1: 10–19.
Qodir, Zuly. 2016. “Mempertimbangkan Metode Integralistik: Sosiologi untuk Kajian Islam dan Sosial.” Jurnal Sosiologi Reflektif 10, no. 2 : 1–20.
Schwab, Klaus. 2016. The Fourth Industrial Revolution. Geneva: World Economic Forum
Susanto, Eko, and A. Pramono. 2021 “Pemberdayaan Pemuda Desa melalui Literasi Digital untuk Pengembangan Ekonomi Lokal.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 5, no. 2 : 115–124
Published
2025-09-19
Section
Articles