Penguatan Pelayanan Pendidikan Inklusif melalui Kegiatan Komunitas Belajar Program Sekolah Penggerak Jenjang TK/PAUD
Abstract views: 57
,
Fulltext downloads: 30
Abstract
Jenjang TK/PAUD merupakan awal mulanya peserta didik untuk mengenyam pendidikan. Tantangan untuk guru-guru TK/PAUD muncul ketika peserta didik yang masuk sekolah pada jenjang tersebut memiliki latar belakang inklusif. Hal ini dapat diketahui langsung ketika berdiskusi dengan orang tua/wali sembari melihat hasil catatan/riwayat medis maupun konseling dengan psikiater. Ataupun dapat dilakukan pengamatan atau observasi langsung ketika kegiatan belajar-mengajar di kelas dilakukan secara rutin. Guru-guru perlu memiliki pengetahuan dan bekal yang cukup untuk melaksanakan pendidikan inklusif ketika menghadapi perserta didik dengan latar belakang tersebut. Hal ini diperkuat berdasarkan analisis kebutuhan awal ketika melakukan diskusi dengan tim guru-guru yang berasal dari sekolah penggerak. Mereka mengatakan bahwa perlu adanya penguatan dalam pelayanan pendidikan inklusif untuk peserta didik, sehingga harapannya guru-guru menjadi lebih tahu dan dapat melakukan pelayanan pendidikan dengan baik dan benar. Guru-guru yang tergabung dalam sekolah penggerak sering melakukan kegiatan komunitas belajar antar sekolah penggerak sebagai wadah untuk saling sharing dan berdiskusi akan suatu permasalahan ataupun tantangan yang dihadapi termasuk dalam pelayanan pendidikan inklusif ini. Diharapkan dengan adanya penguatan pelayanan pendidikan inklusif ini guru-guru yang tergabung dalam komunitas belajar sekolah pengegrak dapat lebih mudah dan terampil menangani peserta didik dari kalangan inklusi pada saat kegiatan belajar-mengajar di kelas.
References
Barlian, U. C., Wulandari, R. P., Said, M., & Brilianti, N. L. (2023). Peran Guru Kelas Dan Guru Pendamping Khusus Dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan Inklusi Di TK Ibnu Sina. AL-AFKAR:Journal for Islamic Studies, 6(2), 625–634. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.648
Fitriani, F., Kurniati, N., & Yusuf, D. (2024). Peran Orangtua Dalam Memahami Pendidikan Inklusi Di TK Negeri Pembina Batumandi. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(20), 417–426.
Hapsari, K. M., Lestari, P., Sonya, M., & Tobing, R. M. (2025). Kompetensi Guru dalam Identifikasi dan Asesmen PDBK di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa, 10(1), 22. https://doi.org/10.30870/unik.v10i1.31689
Hastuti, I. B., Asmawulan, T., & Fitriyah, Q. F. (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6651–6660. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2508
Idhartono, A. R., Badiah, L. I., Khairunnisaa’, K. K., & Salsabila, I. B. (2023). Asesmen Dan Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus Di Paud, Kb, Dan Tk. Pancasona, 2(1), 227–234. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i1.6980
Insiatun, I., Karya, G., Ediyanto, E., & Sunandar, A. (2021). Implementasi Pendidikan Inklusi pada Jenjang PAUD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(11), 873–878. https://doi.org/10.17977/um065v1i112021p873-878
Irmawan, W., Sundawan, M. D., & ... (2019). Peningkatan Keterampilan Self Advocacy (SA) Mahasiswa Melalui Teknik Structure Learning Approach (SLA) Pada Topik Fungsi Real. Maju, 6(1), 92–100. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/310%0Ahttps://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/download/310/265
Irmayanti, R., & Yuliani, W. (2020). Peran Bimbingan dan Konseling di Sekolah Inklusif. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 16(2), 87–93. https://doi.org/10.21831/jpk.v16i2.37011
Ismail, K. K. A., & Suparno, S. (2023). Pengembangan Buku Panduan Guru Pembimbing Khusus Berbasis Asesmen di TK Inklusif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2862–2874. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4516
Khodaria, S., Maharani, A., & Sulaiman, H. (2019). the Analysis of Item Problems in High School Mathematics Textbook in Indonesia (2016 Revision Edition) Reviewed From the Cognitive Aspect of Timss. Indonesian Journal of Learning and Instruction, 2(01), 65–70. https://doi.org/10.25134/ijli.v2i01.1685
Larasati, L. R., & Rocmah, L. I. (2025). Inclusive Learning at ABA Bebekan Kindergarten : Curriculum and Environment Adaptation : Pembelajaran Inklusif di TK ABA Bebekan : Adaptasi Kurikulum dan Lingkungan. 20(2), 1–12. https://doi.org/10.21070/ijemd.v20i2.898
Maharani, A., Sulaiman, H., Saifurrohman, Aminah, N., & Rosita, C. D. (2019). Analyzing the student’s cognitive abilities through the thinking levels of geometry van hiele reviewed from gender perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012066
Nur Rahma Fadillah, Annisa, N., Hikmah, N., & Nuari Julaiha, A. (2025). Asesmen Berdiferensiasi: Mengatasi Hambatan dalam Mewujudkan Pembelajaran Inklusif untuk Anak Usia Dini di RA Al-Huda. Early Childhood Journal, 5(1), 28–37. https://doi.org/10.30872/ecj.v5i1.4565
Pratiwi, D., Amara, S., Ayu Sitaresmi Mukiman, N., & Az-Zahra, P. A. (2025). Menyesuaikan Asesmen Berdiferensiasi dengan Kebutuhan dan Kemampuan Siswa di TK Ukan Hasupa Kelas B. Early Childhood Journal, 5(2), 83–91. https://doi.org/10.30872/ecj.v5i2.4529
Purnama, A., & Abadi, M. I. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Sentra dan Lingkaran Berbasis Pendidikan Inklusi Untuk Taman Kanak-kanak (TK). Jurnal Teladan, 4(1), 1–8.
Silaban, L., & Damanik, S. H. (2025). Analisis Peran Guru Dalam Pendidikan Inklusif di TK Mandiri Plus Lubuk Pakam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(3), 1659–1666.
Sulaiman, H., Shabrina, F., & Sumarni, S. (2021). Tingkat Self Esteem Siswa Kelas XII pada Pembelajaran Matematika Daring. Jurnal Pendidikan, 10(2), 189–200.
Sundawan, M. D., Irmawan, W., & Sulaiman, H. (2019). Kemampuan Berpikir Relasional Abstrak Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal-Soal Non-Rutin pada Topik Geometri Non-Euclid. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 319–330. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.565
Yuniarni, D., Linarsih, A., Miranda, D., Halida, H., & Seli, S. (2023). Persepsi Guru TK terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 629–636. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3615
Zahroh, S., & Umam, S. (2019). PENGEMBANGAN SEKOLAH INKLUSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP STRATEGI ASESMEN ANAK DIFABEL. Al Athfaal: Jurnal IlmiahPendidikanAnakUsiaDini, 2(2), 83–99.





