Penguatan Kesehatan Reproduksi Remaja melalui Edukasi Berbasis Kognitif

  • Lulu Oktaviandis Pratama Universitas Negeri Semarang
  • Ahmad Kabalan Universitas Negeri Semarang
  • Fajar Universitas Negeri Semarang
  • Ayu Marlina Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Ulujami Pemalang
Abstract views: 89 , Fulltext downloads: 54
Keywords: Kesehatan Reproduksi Remaja, Pendekatan Pedagogis, Metode Ceramah, Metode Diskusi, Pernikahan Dini

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh maraknya pernikahan dini, kehamilan yang tidak diinginkan, dan infeksi menular seksual (IMS) di kalangan remaja, terutama di Kabupaten Pemalang, yang dipicu oleh rendahnya literasi kesehatan reproduksi. Tujuan kegiatannya adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja tentang kesehatan reproduksi melalui pendekatan edukatif yang relevan dan partisipatif. Objek pengabdian adalah 29 siswa kelas IX C SMPN 4 Ulujami, yang berada dalam masa pubertas dan rentan terhadap risiko seksual. Kegiatan dilaksanakan secara kolaboratif oleh tim terdiri dari guru dan siswa, menggunakan pendekatan pedagogis dengan metode ceramah interaktif, diskusi, pre-test, dan post-test. Sosialisasi pertama pada tanggal 23 Juli 2025 menunjukkan peningkatan pemahaman yang minim, sehingga dilakukan sosialisasi lanjutan pada tanggal 15 Agustus 2025 dengan penekanan pada metode diskusi aktif. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan: rata-rata pemahaman naik dari 80% menjadi 95%, dan seluruh peserta didik mencapai kategori pengetahuan minimal “baik” sesuai KKM sekolah. Perpaduan metode ceramah dan diskusi terbukti efektif dalam memperkuat pemahaman dan keterlibatan peserta didik. Kegiatan ini memberi rekomendasi integrasi pendidikan kesehatan reproduksi berbasis partisipatif dalam kurikulum sekolah sebagai upaya pencegahan berkelanjutan.

References

Ardiansyah. (2022, Juni 10). Kesehatan Reproduksi Remaja: Permasalahan dan Upaya Pencegahan. Direktorat Jendral Kesehatan Lanjutan Kemenkes. https://keslan.kemkes.go.id/view_artikel/29/kesehatan-reproduksi-remaja-permasalahan-dan-upaya-pencegahan
Asyia, A. D. N., Sinurat, G. D. N., Dianto, N. I. S. A., & Apsari, N. C. (2022). PENGARUH PEER-GROUP TERHADAP PERKEMBANGAN SELF-ESTEEM REMAJA. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(3), 147–159.
Ayu, S. M., & Kurniawati, T. (2017). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG ABORSI DENGAN SIKAP REMAJA TERHADAP ABORSI DI MAN 2 KEDIRI JAWA TIMUR. Unnes Journal of Public Health, 6(2), 98–100. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujph
Basri, A. I., Prasetyo, A., Astiti, Y. D., & Tisya, V. A. (2021). PENINGKATAN KESADARAN DAN KOGNITIF REMAJA DUSUN SIDOREJO RT 06 NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL MELALUI EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DAN DAMPAK PERGAULAN BEBAS BERBASIS PEDAGOGIS. Tranformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(2), 220–232.
Basri, B., Tambuala, F. H., Badriah, S., & Utami, T. (2022). PENDIDIKAN SEKSUAL KOMPREHENSIF UNTUK PENCEGAHAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA (R. R. Rerung, Ed.). Media Sains Indonesia.
Damara, C. D., Kartasurya, M. I., & Noer, E. R. (2024). PERNIKAHAN DINI DAN ASUPAN GIZI TERHADAP KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL: STUDI LITERATUR. Journal of Nutrition College, 13(4), 395–402. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jnc.v13i3.40815
Fadis, N. T., Mahdalena, V., & Supratman. (2022). Pengaruh Konten Pesan “Sex Education” Instagram @tabu.id terhadap Kepuasan Followers. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 121–133. https://doi.org/10.33021/exp.v5i2.3796
Hiryanto. (2017). PEDAGOGI, ANDRAGOGI DAN HEUTAGOGI SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. 22(1), 65–71.
Ismina, D. H. (2024). KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PEMELIHARAAN KOMITMEN PASANGAN PERNIKAHAN DINI DALAM MENCEGAH PERCERAIAN DI KABUPATEN PEMALANG JAWA TENGAH.
Kemenkes. (2025). SIKLUS HIDUP. Ayo Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://ayosehat.kemkes.go.id/kategori-usia/remaja
Kharisma. (2024, Juni 5). Tiap Tahun Ratusan Pernikahan Dini Terjadi Di Pemalang. https://batiktv.pekalongankota.go.id/berita/tiap-tahun-ratusan-pernikahan-dini-terjadi-di-pemalang.html
Khodijah, S. (2012). PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI DALAM MEMAHAMI PELAJARAN AQIDAH-AKHLAK DI SDN KARAWACI BARU 4 TANGERANG.
Nasution, F., Janani, A., Fadila, A. N., Asmidah, A., & Khairiyani, S. (2023). PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL MASA KANAK-KANAK PERTENGAHAN. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 1176–1188. https://doi.org/https://doi.org/10.56832/edu.v3i3.421
Noza, A. P., Wandira, R. A., & Gusmaneli. (2024). PENTINGNYA METODE BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(4), 158–164.
Oktavia, E. R., Agustin, F. R., Magai, N. M., Widyawati, S. A., & Cahyati, W. H. (2018). PENGETAHUAN RISIKO PERNIKAHAN DINI PADA REMAJA UMUR 13-19 TAHUN. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 2(2), 239–248. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia
Patilaiya, H. La, Ramli, Surasno, D. M., & Yunus, T. (2021). SOSIALISASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI KABUPATEN HALMAHERA SELATAN PROVINSI MALUKU UTARA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 13–22.
Rachmawati, D. W., Al Ghozali, M. I., Nasution, B., Firmansyah, H., Asiah, S., Ridho, A., Damayanti, I., Siagian, R., Aradea, R., Marta, R., Zaharah, Syarif, M., Kusmiran, Yenni, Surya, Y. F., & Kusuma, Y. Y. (2021). TEORI & KONSEP PEDAGOGIK (A. Kurniawan & I. Irayanti, Ed.). Insania. http://insaniapublishing.com
Ramdhanu, C. A., Sunarya, Y., & Nurhudaya. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Identitas Diri. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(1), 7–17. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling
Rohayah, A. A., Lathifah, H., Adelin, N., Saleha, T. N., & Khasanah, U. (2024). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMAN 3 BABELAN. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 130–139. https://doi.org/https://doi.org/10.32478/x8efh702
Sulhan, N. A. A., Ardaniah, N. H., & Rahmadi, M. S. (2024). PERIODISASI PERKEMBANGAN ANAK PADA MASA REMAJA: TINJAUAN PSIKOLOGI. Behavior: Jurnal Pendidikan Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(1), 9–36.
Suryana, E., Hasdikurniati, I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). PERKEMBANGAN REMAJA AWAL, MENENGAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 1917–1928. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.3494/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME
Faudhil, ufan. (2025, Januari 7). Angka Dispensasi Nikah Dini Pemalang Turun. GogloJateng.com. https://joglojateng.com/2025/01/07/angka-dispensasi-nikah-dini-pemalang-turun/
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2019, Pub. L. No. Nomor 16 Tahun 2019 (2019).
Wahyu M., D. R., Amelia, S., Aisya, L. R., Aulia, F., Annisa, F., Nabila, S., & Subhi, M. R. (2024). Social Phenomenon of Early Marriage in Tlagasana Village, Watukumpul District, Pemalang Regency. JISORA: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora, 7(2), 46–53. https://doi.org/https://doi.org/10.36624/jisora.v7i2.162
Published
2025-09-19
Section
Articles