Inovasi Pembelajaran Berbasis Buku Sistematis di TPQ Dusun Sondriyan

  • Abu Darda Universitas Darussalam Gontor
  • Fadhillah Rachmawati Universitas Darussalam Gontor
  • Ayu Eka Wardhani Universitas Darussalam Gontor
  • Annisa Fitria Syukrina Universitas Darussalam Gontor
  • Lia Izzatul Zulfa Universitas Darussalam Gontor
Abstract views: 85 , Fulltext downloads: 36
Keywords: Inovasi Pembelajaran, TPQ, Media Pembelajaran

Abstract

Permasalahan yang dihadapi TPQ Dusun Sondriyan adalah belum tersedianya media pembelajaran yang sistematis, sehingga proses belajar mengajar kurang terarah dan santri mengalami kesulitan dalam memahami serta menghafal Al-Qur’an. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pembuatan dan implementasi buku sistematis sebagai media pembelajaran. Metode pelaksanaan dilakukan melalui observasi, wawancara, penyusunan buku, serta pendampingan guru dalam penggunaan buku secara efektif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan buku sistematis membantu santri memahami dan menghafal Al-Qur’an secara lebih terstruktur, meningkatkan motivasi belajar, serta mempermudah pengajar dalam menyampaikan materi secara konsisten. Meskipun demikian, ditemukan beberapa kendala, seperti perlunya pelatihan lebih lanjut bagi pengajar yang terbiasa menggunakan metode tradisional. Kesimpulannya, penerapan buku sistematis memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran di TPQ Dusun Sondriyan dan perlu dilakukan evaluasi serta pengembangan berkelanjutan agar media ini semakin optimal.

References

Afifah, A. N., Nur, A., Maharani, I., Rahmah, I., Putri, A., Fatikasari, F., Sutarman, Z. P., Hadi, R. A., Rusyda, A. U., Salamah, N., & Sukma, G. (2024). ETAM : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat PENERAPAN POSTER VOCABULARY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN APPLICATION OF POSTER VOCABOLARY IN IMPROVING ENGLISH LANGUAGE SKILL IN STATE ELEMENTARY SCHOOLS ETAM : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 4(2), 160–169.
Arintistia, N., & Acmad Kholik, J. (2022). Inovasi Pembelajaran Menulis Huruf Hijaiyah Di TPQ As-Syifa Bangsal. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.63
Ayu Era Wardhani, Nur’Aini Istiqomah, & Nur Luthfiah. (2025). Integrasi Nilai Iman, Islam, Dan Ihsan Dalam Membangun Kepribadian Muslimah Di Era Digital. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 141–149. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.872
Darda, A., Prameswari, S. K., & Nisa, F. K. (2023). Analisis Metode Islamic Montessori for Multiple Intelligence pada Anak Generasi Alpha dalam Pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1–11.
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi Pendidikan:Peran Pendidikan BerkelanjutanDalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4).
Nikmah, L. K., Suciani, T., Aufilana, R. K., Annahdiya, N., & Setyaningsih, W. (2024). Pengenalan literasi minat baca anak dengan didirikan perpustakaan mini di TPA Ar-Rasyid di Dusun Jetis Desa Sidomulyo. Tintamas: Jurnal Pengabdian Indonesia Emas, 1(2), 175–184. https://doi.org/10.53088/tintamas.v1i2.1051
Paramansyah, A. (2020). Manajemen Pendidikan Dalan Menghadapi Era Digital. In Manajemen.
Retnasari, L., Suyitno, S., & Hidayah, Y. (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal SOLMA, 8(1). https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2968
Saepuddin, S., & Zamhari, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Kurikulum Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) pada Materi Baca Tulis Al-Qur’an dan Fikih Ibadah di Batam dan Tanjungpinang. Surya Abdimas, 5(2). https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.1025
Published
2025-09-27
Section
Articles