Pelatihan Dekorasi Backdrop Acara Perpisahan Sekolah sebagai Bekal Kewirausahaan bagi Mahasiswa Prodi Desain Produk Kayu dan Serat, Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 49
,
Fulltext downloads: 23
Abstract
Dunia industri kreatif masih berkembang sampai saat ini, dan terbukti memberikan kontribusi yang besar bagi PDB nasional, salah satunya adalah sub sektor desain produk. Dalam sub sektor desain produk banyak sekali yang bisa dikembangkan menjadi usaha, salah satunya adalah desain backdrop sebagai media untuk memperindah tampilan sebuah acara. Program Studi Desain Produk Kayu dan Serat, Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) telah banyak meluluskan mahasiswa setelah terbentuk sejak tahun 2021. Kondisi industri besar yang ada di Kalimantan Timur dikuasai oleh bidang minyak dan gas. Sementara itu industri mikro, kecil, menengah juga berkembang dan menjadi peluang bagi mahasiswa dan alumni Program Studi Desain Produk, Polnes untuk turut berkontribusi terutama di bidang desain produk. Permasalahan yang sering dihadapi oleh mahasiswa Program Studi Desain Produk Kayu dan Serat, Politeknik Negeri Samarinda adalah memulai merintis usaha di bidang desain produk sejak masih di bangku kuliah, karena belum terbiasa membagi waktu antara jam perkuliahan dan kegiatan di luar akademis, dan juga untuk menentukan bidang usahanya. Tujuan dari kegiatan pelatihan kali ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha bidang desain backdrop acara Metode yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi dan praktek langsung membuat desain backdrop acara perpisahan sekolah. Hasil yang didapatkan adalah mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, dan dapat membuat backdrop acara perpisahan Sekolah Dasar Plus Melati , Samarinda.
References
Anwar, M. C. (2022, December 11). Pahami 17 Subsektor Ekonomi Kreatif Indonesia Beserta Contohnya. Kompas.Com.
Arini, S. C. A. (2025, April 24). Ekonomi Kreatif Sumbang Nilai Tambah Rp 1.500 T ke PDB RI Baca artikel detikfinance. DetikFinance . https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7884450/ekonomi-kreatif-sumbang-nilai-tambah-rp-1-500-t-ke-pdb-ri
Burhanudin, M., Rindayati, W., & Anggraeni, L. (2020). Analisis Perkembangan Industri Kreatif di Indonesia. MT - Economic and Management.
Mileneo, M. F. (2024). Ekonomi Kreatif Bakal Jadi Penggerak Pembangunan Ekonomi Indonesia di Masa Depan. PT Garuda Nyala Fajar Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2024/09/27/ekonomi-kreatif-bakal-jadi-penggerak-pembangunan-ekonomi-indonesia-di-masa-depan
Saniyyah. (2024, November 29). 17 Subsektor Ekonomi Kreatif di Indonesia. DetikFinance .
Wisnubroto, K. (2023, December 27). Industri Kreatif Terus Moncer. Indonesia.Go.Id. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/7859/industri-kreatif-terus-moncer?lang=1
Zulfikar, M. (2025, August 9). Kemenkraf: Ekonomi kreatif tumbuh signifikan dalam 11 tahun terakhir. Antara. https://www.antaranews.com/berita/5026365/kemenkraf-ekonomi-kreatif-tumbuh-signifikan-dalam-11-tahun-terakhir





