Pelatihan Penganggaran Bisnis Anggota Koperasi/UMKM di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda

  • Muhammad Kadafi Politeknik Negeri Samarinda
  • Amirudin Amirudin Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 280 , Fulltext downloads: 294
Keywords: Koperasi, UMKM, Penganggaran Bisnis

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah kelompok Koperasi/UMKM mampu menyusun penganggaran bisnis. Kemampuan ini bermanfaat bagi UMKM dalam mengembangkan usahanya maupun sebagai persyaratan untuk pembiayaan lembaga keuangan. Metode yang digunakan adalah dengan survey, wawancara (in-depth interview), observasi, studi kepustakaan, triangulasi sumber dan waktu serta melakukan pelatihan dengan metode ceramah, diskusi, assignment. Berdasarkan hasil evaluasi pre test dan post test terhadap peserta, kegiatan pengabdian masyarakat ini, peserta mampu menyusun anggaran penjualan, beban penjualan, piutang usaha. Selanjutnya menyusun anggaran produksi, biaya pabrik, persediaan dan piutang usaha, penyusunan anggaran laba rugi, neraca dan anggaran kas dan lainnya.

References

Bahri dan Omsa, S. 2005. Perancangan Anggaran Komprehensif Perusahaan Manufaktur Berbasis Visual dBase di Sulawesi Selatan. Didanai oleh ADB melalui Proyek TPSDP

Bahri, Omsa, Sirajuddin, Sabang, Muh. Iskandar. 2018. Desain Sistem Penganggaran Operasional Ukm Hasil Olahan Perikanan Di Makassar. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M) 2018 (pp.313-318)

Garrison, Noreen Brewer. (2013). Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Gusrianti, Diana. 2017. Penyusunan Anggaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada UKM Bubuk Kopi Asma. Skripsi Tidak dipublikasikan.

Nafarin, M. 2007. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat

Octora, Ollivia Betha. 2017. Penerapan Anggaran Penjualan Pada Ukm Amin Sistik di Klirong Kabupaten Kebumen. Skripsi Tidak diPublikasikan.

Omsa, Sirajuddin., Ridwan, Muhammad., and Jayadi, Muhammad. 2017. The Effect of Strategic Management Practices on SME Performance in Makassar, Indonesia. American Journal of Theoretical and Applied Business, Vol. 3(4), 71-80. Doi: 10.11648/j.ajtab.20170304.12.

Siswanto. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi aksara

Sucipto, A. 2010. Studi Kelayakan Bisnis: Analisis Integratif dan Studi Kasus. Malang: UIN Maliki Press

Wheelen, T. L., dan Hunger, J. D. 2001. Strategic Management and Business Policy (7th ed.). New Jersey : Prentice-Hall

Published
2021-04-30
Section
Articles