Pelatihan Promosi Destinasi Pariwisata di Desa Berambai Samarinda Utara Kalimantan Timur
Abstract
Samarinda adalah daerah ekonomi yang menjadikan eksploitasi sumber daya alam berupa batubara dan migas yang pada akhirnya berdampak pada kerusakan lingkungan. Jika dilihat lebih mendalam, destinasi wisata yang ada di Samarinda cukup menjanjikan namun belum dikelola dengan baik dan cukup serius oleh daerah. Salah satu wisata terbaru saat ini adalah Puncak Samarinda. Berdasarkan hasil survei awal, kawasan wisata Puncak Samarinda di Desa Berambai Sempaja Utara mempunyai pemandangan alam yang cukup menjanjikan dengan menyajikan berbagai paket wisata, yang utama adalah paket wisata sunrise. Destinasi wisata ini cukup menjanjikan dan dapat dikembangkan lagi melalui promosi yang lebih baik, karena saat ini media promosi masih terbatas melalui instagram dan facebook. Letak daerah wisata ini juga masih belum diketahui secara umum oleh masyarakat luas, sehingga perlu dilakukan kegiatan pengabdian ini berdasarkan permintaan pemilik daerah wisata tersebut. Hasil kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan kepada pemilik dan warga sekitar untuk mengembangkan media promosi tempat wisata baru agar dapat diketahui oleh masyarakat luas serta mengemas tampilan agar mampu bersaing dengan tempat wisata skala nasional.
References
Amalina, Hamid. 2014. Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata Lokal di Desa Wisata Jelekong. Trikonomika Volume 12, No.2
Antara Kaltim, Maret 2020
Arbainah. 2014. Pemasaran Bersama Berbasis ICT Sebagai Media Promosi Alternatif Bagi UMKM di Desa Wisata.JABPI Vol. 2. No. 2
Zakaria F, Dewi S. 2014. Konsep pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Jurnal Teknik Pomits Vol. 3 No. 2