Pelatihan Desain Kaos dengan Konsep Unique Selling Proposition Guna Mengenalkan Budaya dan Wisata Kalimantan Bagi Pemuda Kelurahan Bukuan Samarinda

  • Dwi Cahyadi Politeknik Negeri Samarinda
  • Etwin Fibrianie S. Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 139 , Fulltext downloads: 118
Keywords: Desain, Industri Kreatif, Budaya, Kalimantan

Abstract

Semakin banyaknya industri kreatif di bidang kaos merupakan wadah aspirasi masyarakat dalam mengungkapkan simbol-simbol sosial yang ada di masyarakat. Salah satunya adalah desain kaos produksi Dagadu Djogja yang menjual contain Yogyakarta yang sarat akan simbol-simbol sosial. Diakui bahwa adanya kaos Dagadu Djogja mampu meningkatkan pariwisata juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Yogyakarta. Kalimantan khususnya Samarinda belum banyak usaha kreatif serupa, sehingga dapat mengenalkan budaya dan wisata lokal Kalimantan. Mengadopsi konsep Unique Selling Proposition dalam desain kaos yang mengangkat budaya Kalimantan, maka diadakan pelatihan pengembangan desain kaos bagi masyarakat khususnya bagi remaja yang putus sekolah.

References

Bakhtin, Mikhail. l981. The Dialogic Imagination. Massachussets: Harvard University Press.

Eco, Umberto. l976. Theory of Semiotics. Bloomington: Indiana University Press. Barthes, Roland. l974. S/Z. New York: Hill & Wang.

Fitria, A. 2015. Representasi Budaya Kutai pada Desain Kaos Jukut. e-journal.ilkom.fisipunmul.ac.id

Herusatoto, Budiono. 2001. Simbolisme Dalam Budaya Jawa. Yogyakarta. PT. Hanindita Graha Widia.

Rangga Ferry S. 2015. Dagadu Djogja : Dari Kaki Lima Menjadi Retail 1994 – 2004. Skripsi. Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Tinarbuko, Sumbo (Institut Seni Indonesia, Yogyakarta). 2008. Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual. http://puslit.petra.ac.id/search_engine/cache/DKV/DKV030501/DKV030501 03.txt. tanggal diakses 30 Juni 2016.

Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta. Jalasutra.

Tinarbuko, Sumbo. 2006. Semiotika Desain Oblong Dagadu Djogja. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.3 Nomor 1, Juni 2006. Hal 79-94.

Tourism, Art and Culture Office Yogyakarta City. 2006. Obyek Dan Daya Tarik Wisata Kota Yogyakarta. Yogyakarta. Tourism, Art and Culture Office Yogyakarta City.

Wibowo, Eko Julianto. 2019. Penggunaan alat sablon manual untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan membuat media gambar fauna Styrofoam siswa tunagrahita.JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 15 (2), 79-85

Published
2021-04-30
Section
Articles