Pelatihan Strategi Pemasaran Produk UKM Kelompok Usaha Bersama (KUB) "BAROKAH" Kelurahan Dadi Mulya, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda

  • Heldina Pristanti Politeknik Negeri Samarinda
  • Siti Nurhasanah Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 76 , Fulltext downloads: 91
Keywords: Pelatihan, Strategi Pemasaran

Abstract

Kegiatan ini diadakan untuk UKM Barokah di Kelurahan Dadi Mulya Kecamatan Samarinda Ulu. Strategi pemasaran adalah suatu analisis, perencanaan, dan pengendalian program yang dirancang untuk mencapai tujuan usaha. Selain itu, ada beberapa pendekatan dalam pemasaran seperti pendekatan menyeluruh, pendekatan institusi, pendekatan fungsional, pendekatan manajerial, dan pendekatan sosial. Pemasaran untuk usaha kecil dan besar dapat membantu memaksimalkan kepuasan pelanggan meskipun usaha kecil memiliki keterbatasan dalam pendanaan. Namun tetap dapat melakukan pemasaran sebaik usaha besar dengan mengoptimalkan pendanaan yang ada. Hal tersebut dapat dilakukan melalui kerjasama dengan pengusaha lain atau rekan kerja dalam melakukan promosi. KUB Barokah telah melakukan banyak cara dalam pengelolaannya. Masalah utama bisnis adalah ketidakmampuan melihat peluang pasar dan potensi untuk mengoptimalkan penjualan. Mereka juga tidak tahu bagaimana memetakan masalah pemasaran dan strategi pemasaran yang tepat. Motivasi pertumbuhan dan komunikasi verbal dan nonverbal masih rendah, sehingga pelatihan strategi pemasaran sangat diperlukan. 

References

Anonim, Panduan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, Edisi X. Kemenristekdikti. Jakarta. 2016

Akdon, Dr. Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan. Alfabeta, Bandung, 2006.

Alam, Buchari, H, Prof. DR., Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan CV. Alfabeta, Bandung.

Craig, I. Robert. L,Training and development Handbook: A Guide to Human Resources Development (1976:19-2). HF5549

David W. Cravens, Strategic Marketing, 1982, Richard D. Irvin,Inc.

Dugan.L, Peter R. Scleger, Approaches to Training and Development, Second Edition. Addison-Wesley Publishing Company Rosset. 1985

Tjipto, Fandy, Strategi Pemasaran, Ed.2. Cet.5, Yogyakarta, Andi, 2001.

Susilo SY, Krisnadewara PD. 2007. Strategi Bertahan Industri Kecil Pasca gempa Bumi di Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 9(2):127-146.

Kotler & amp; Amstrong (2004). Dasar-dasar Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Indriyo Gitosudarmo (1994). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE

Published
2021-10-31
Section
Articles