Pelatihan Penggunaan Sistem Aplikasi Layanan Prima Desa Batuah, Loa Janan, Kutai Kartanegara
Abstract
Permasalahan utama desa Batuah adalah profil desa dan potensi yang dimiliki desa Batuah belum terpublikasi secara terstruktur, selain itu proses pelayanan kepada masyarakat masih dilakukan secara konvensional, keberadaan teknologi informasi sebagai garda terdepan dalam optimalisasi pemberian layanan prima kepada masyarakat belum termaksimalkan. Guna mengatasi permasalahan tersebut tim mengembangkan website desa batuah serta mengembangkan sistem aplikasi pelayanan prima untuk kemudian memberikan pelatihan kepada staf desa, ketua RT serta warga masyarakat Batuah untuk proses penggunaan kedua aplikasi tersebut. Dampak dari diimplementasikannya kedua aplikasi tersebut maka akan diperoleh manfat. Masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan dan tidak harus datang ke kantor desa untuk mendapatkan pelayanan. Waktu pelayanan menjadi lebih pendek dan tidak ada lagi penumpukan antrian. Warga desa Batuah yang membutuhkan surat pengantar ataupun surat keterangan bisa dilakukan di mana saja karena sistem berbasis online, serta implementasi protokol kesehatan sebagai antisipasi dari penyebaran pandemic Covid-19 dapat lebih maksimal.
References
Soegiarto, Eka C.Kirana, Bahar. 2018. Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru. Prosiding SNRT (Seminar Nasional Riset Terapan) Politeknik Negeri Banjarmasin. 7 November 2018