Pelatihan Pembuatan Eco Enzim dari Sampah Organik Rumah Tangga pada Kelompok Cleaning Service Politeknik Negeri Samarinda

  • Marlinda Politeknik Negeri Samarinda
  • Mardhiyah Nadir Politeknik Negeri Samarinda
  • Ramli Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 389 , Fulltext downloads: 343
Keywords: Pelatihan, Eco Enzim, Sampah Rumah Tangga

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini adalah pelatihan membuat eco enzim dari sampah rumah tangga di lingkungan cleaning service, pelatihan ini mengajarkan tentang pembuatan eco enzim dan aplikasinya untuk kebutuhan rumah tangga seperti untuk mengepel dan mencuci piring dan kegiatan ini banyak dilakukan oleh cleaning service. Memberikan transfer ilmu kepada masyarakat utamanya bagi kelompok masyarakat yang pekerjaannya berinteraksi dengan kebersihan yaitu cleaning service yang keberadaannya sangat mendukung proses terlaksananya kegiatan belajar mengajar dan kegiatan lainnya di dalam kampus Politeknik Negeri Samarinda. Selain pembuatan juga diajarkan untuk mengaplikasikan eco enzim menjadi kebutuhan sehari-hari seperti untuk sabun cuci, sabun mandi, mengepel lantai, desinfektan dan lain-lain.

References

N.R Sulistiyorini, R.S Darwis dan A.S Gutama. 2012. Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Lingkungan Margoluyo Kelurahan Cicurug. Jurnal Share Social Work. Vol. 5 No. 1 Hal 1. ISSN 2339-0049.

Otto Soemarwoto. 2010. Atur Diri Sendiri Paradigma Baru Pengelolaan Lingkungan Hidup. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Putri Arisyanti. 2018. Pengelolaan Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat. Skripsi. Universitas Islam Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Eco Enzim Nusantara. 2020. Modul Pembuatan Eco Enzim dan Aplikasi. Komunitas Eco Enzim Nusantara

Published
2022-08-27
Section
Articles