Pelatihan Merangkai Manik dari Limbah Plastik yang Digoreng bagi Cleaning Service di Lingkungan Politeknik Negeri Samarinda

  • Dita Andansari Politeknik Negeri Samarinda
  • Darius Shyafary Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 249 , Fulltext downloads: 146
Keywords: Manik, Limbah, Kantong Kresek, Cleaning Service

Abstract

Menurut data statistik persampahan domestik Indonesia, jenis sampah plastik menduduki peringkat ke-2, sebesar 5,4 juta ton/tahun (14%). Bahaya yang dapat ditimbulkan dengan keberadaan kantong plastik menurut BBC News, yaitu bahwa plastik yang terbakar akan menciptakan polusi udara sedangkan plastik yang terbuat dari bahan polythene membutuhkan waktu sekitar 1.000 tahun untuk dapat diuraikan secara alamiah di tanah dan membutuhkan waktu sekitar 450 tahun untuk dapat diuraikan di air. Banyak usaha yang dapat dilakukan untuk mendaur ulang sampah kantong plastik menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomi. Teknik pengolahan sampah kantong plastik sebelum dibuat menjadi produk adalah dengan cara dipanaskan, salah satunya adalah dengan proses digoreng. Pengolahan sampah kantong plastik dengan cara digoreng dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif industri kreatif di mana pemerintah Indonesia saat ini banyak mensosialisasikan industri kreatif guna mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Hasil yang didapatkan bahwa peserta pelatihan dapat merangkai manik dari limbah kantong plastik yang digoreng menjadi rangkaian bunga.

References

Kementerian Lingkungan Hidup, 2008, Statistik Persampahan Indonesia.

Moeliono, 1988:524 Ecolink, 1996, Kamus Besar Bahasa Indonesia

bisnisukm.com> Berita-Info Bisnis.

Sasse et al. 1995. Pemanfaatan Limbah Plastik. http://www.online buku .com/ 2009/01/02/pengolahan limbah plastic dengan metode daur ulang recycle (15 Oktober 2009).

Yusman, M. dan Adibroto,T.A, 2009 dalam http://www.chemistry.org/artikel_kimia/kimia_lingkungan/menghancurkan_plastik_dengan_air.

Zulaikha,E. 2010. Pemanfaatan Limbah Kantong Plastik untuk Produk Kerajinan. Jurnal Desain IDEA. www.its.ac.id.

http://ksupointer.com.

http://forum.upi.edu).

http://www.tupperware.co.id.

http://www.chem-is-try.org/artikel_kimia/kimia_lingkungan, 2009.
Published
2022-08-27
Section
Articles